SEKILAS INFO
31-07-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
3
Okt 2016
0
10 Siswa Ikuti Olimpiade Fisika dan Kimia Nasional

Jombang – Ahad, 25 September 2016, 4 peserta mata pelajaran fisika dan 6 untuk kimia mengikuti olimpiade tingkat nasional. Diharapkan pengalaman ini menjadi bekal untuk keikutsertaan pada olimpiade berikutnya dan juga berprestasi.

Setidaknya seperti itulah harapan yang disampaikan Ibu Zuhriyah Rahmawati selaku pimpinan kontingen dari Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh (MAUWH).

Menurut Ibu Zuhriyah, sapaan akrabnya, keikutsertaan pada kompetisi ini sangatlah penting. “Karena biasanya lomba yang diikuti para siswa hanya di tingkat kabupaten maupun propinsi,” katanya, Selasa (27/9/2016). Hal tersebut sebagai sarana untuk uji pengalaman sekaligus kemampuan dalam mengerjakan soal olimpiade dengan tingkat kesulitan yang lebih rumit, lanjutnya.

“Nilai lebih lomba ini juga sebagai ajang latihan untuk mencari informasi berbagai soal yang ada di tingkat madrasah, kabupaten, propinsi dan nasional hingga internasional,” terangnya. Dan manfaat berikutnya adalah para peserta berpengalaman tidak semata dalam sistem teori, juga sistem psikotorik. Hal itu penting agar MAUWH tidak semata dikenal dari kemahiran bahasa, tetapi juga pengetahuan lainnya.

Karena ini adalah pengalaman awal, maka diharapkan selanjutnya tidak berhenti pada keikutsertaan. “Harapan kami, untuk kedepannya tim olimpiade bisa menjadi juara bukan hanya menjadi peserta,” harap Ibu Zuhriyah.

Dan untuk dapat berprestasi, tentu bukan pekerjaan mudah. Sejumlah hambatan dialami peserta. Hambatan utamanya peserta kurang banyak latihan dan terlalu dibebani dengan kegiatan pondok. “Jadi, untuk mengerjakan soal olimpiade sangat minim. Ketika menemukan soal asing, mereka menjadi shock berat,” ungkapnya.

Pengalaman disampaikan salah seorang peserta, Dawi Farah Adibah. Siswi XI MIPA ini mengungkapkan bahwa bisa mengerjakan soal yang ada. “Soal-soal yang diberikan lebih ringan dari pada Kompetesi Sains Madrasah atau KSM yang dilaksanakan di Universitas Darul Ulum Jombang,” katanya. Ia juga sangat terkesan karena lomba tersebut level nasional. “Muncul keminderan juga dikarenakan para peserta adalah dari sekolah negeri yang madrasah bonafid yang lain,” akunya.

Peserta olimpiade dibagi dua. Ada yang mengikuti di SMAN 2 Jombang dan SMAN 1 Sooko Mojokerto. Tim olimpiade fisika adalah Dawi Farah Adibah (XI MIPA), Hifdiyahtul Muthoharoh (XI MIPA), Lailatul Fitriyah (XI MIPA) dan Anna Fidhatun dari kelas X MIPA. Sedangkan peserta dari tim olimpiade kimia yaitu: Halimatus Sa’diyah (XI MIPA), Naili Nabila (XI MIPA), Trifani Firda (XI MIPA),Viki Ramadhan (XII MIPA), Titin Musayaroh (XII MIPA), serta Wahda Nurul dari kelas X MIPA.

Olipiade fisika diselenggarakan Universitas Negeri Malang, sedang kimia oleh Universitas Airlangga Surabaya. Pemenang akan diumumkan Ahad, 2 Oktober 2016. 10 peserta dengan nilai terbaik berhak maju ke babak semi final. (Rissa Anggraini dan Iktafiana Malida; XI MIPA)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip