SEKILAS INFO
01-08-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
13
Okt 2020
0
12 keterampilan Dasar yang Dibutuhkan Peserta Didik di Abad 21

Satu tantangan besar yang dihadapai oleh para peserta didik di abad 21 ini adalah dinamisnya dunia kerja dengan banyaknya profesi baru yang tidak pernah ada dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya. realitas ini harus bisa ditangkap baik oleh peserta didik ataupun pendidik, agar bisa menyiapkan generasi masa depan yang siap mengisi berbagai macam profesi baru yang muncul karena perkembangan teknlogi yang sangat cepat.

masalah inilah yang menjadi tema pembahasan dalam materi yang diberikan oleh Dr. Imam Bhukori, M.Pd, pada Bimtek Implementasi Kurikulum Madrasah. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan dengan sangat jelas tentang kecakapan atau keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik agar menjadi orang yang sukses di abad 21.

Alumni MAN 4 Denanyar Jombang ini menegaskan bahwa ada duabelas kecakapan yang harus dikuasai peserta didik, agar ia bisa beradaptasi dengan berkembangan zaman yang sangat cepat. Kedua belas kecakapan itu adalah critical thinking, kreativity, collaboration, comunication, information literacy, media literacy, tecnology literacy, flexibility, leadership, initiative, productivity, dan social skill.

Duabelas keterampilan dasar ini, bisa dikelompokkan kedalam tiga bidang yaitu keterampilan belajar, keterampilan literasi, dan keterampilan hidup dan berkarir. Dalam bidang keterampilan belajar, peserta didik perlu dibekali keterampilan critical thinking, kreativity, collaboration, comunication. Keempat kecakapan dasar ini sangat dibutuhkan peserta didik dalam beradaptasi dengan cara belajar masyarakat modern yang serba terbuka.

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan mengidentifikasi masalah, kemudian berpikir secara mendalam dan menemukan alternatif solusi. sedangkan kreativitas adalah kemampuan mencipta sesuatu hal yang baru yang tidak terpikirkan oleh orang lain. Selain itu kemampuan komunikasi juga akan memberikan kemudahan dalam mengemukakan ide dan gagasannya ketika diskusi atau dalam sebuah tulisan. Yang tak kalah penting adalah kemampuan  bekerjasama dengan orang lain, karena hal itu akan sangat peserta didik butuhkan ketika masuk pada lingkungan kerja

Dalam bidang keterampilan literasi, menurut penuturan pemateri, peserta didik harus dibekali kemampuan literasi informasi, literasi media, dan literasi teknologi. Ketiga keterampilan dasar ini penting karena dalam perkembangan informasi teknologi yang begitu cepat dan deras, banyak sekali informasi sampah, bahkan informasi racun yang bisa merusak pemahaman dan pola pikir peserta didik.

Oleh karena itu dengan kemapuan literasi informasi, media dan teknologi, peserta didik dapat menyaring dan memilah berbagai macam informasi yang ia dapatkan. Sehingga ia tidak mudah terpengaruh oleh informasi palsu, atau informasi unfaedah, atau infromasi yang mengarahkan pada perilaku radikal, atau melanggar norma-norma agama dan sosial. Kemampuan literasi itu juga akan sangat dibutuhkan di masa depan terutama di dunia kerja.

Yang terakhir adalah keterampilan hidup dan berkarir yang meliputi, flexibility, leadership, initiative, productivity, dan social skill. Lima keterampilan ini sangat dibutuhkan peserta didik dalam meniti karir di masa depan. Terutama menghadapi berbagai masalah dan tantangan yang mengahmpiri dalam kehidupan.

Dunia modern menimbulkan masalah yang sangat kompleks, oleh sebab itu pesrta didik dituntut meliki kemampuan beradaptasi dengan berbagai peruabahan yang ada, hal ini juga sebaiknya dibarengi dengan kemampuan pemimpin dalam berbagai kelompok, oerganisasi atau tempat kerja, dengan demikian suatu saat perserta didik akan siap mengahadapi tantangan apapun yang menghampirinya.

Sedangkan produktifitas adalah kemampuan untuk selalu berkarya menghasilkan sesuatu. Dengan membiasakan peserta didik untuk membuat sebuah karya, kita sedang melatih mereka untuk terbiasa mandiri dan mengandalkan usaha sendiri dalam membuat sebuah karya.

Selanjutnya adalah inisiatif yaitu keterampilan untuk berani memulai. Dengan demikian anak terbiasa memiliki keberanian untuk tampil pertama sebelum orang lain. Hal ini sangat baik untuk mereka ketika masuk dalam sebuah komunitas atau organisasi. Yang terakhir adalah kemampuan berkomunikasi dan berkumpul dengan berbagai orang dari latar belakang yang berbeda-beda, baik agama, entis, atau status sosial.

Kemampuan ini akan membuat peserta didik bisa bergaul dan berteman pada lingkungan baru. Percuma jika ada anak pintar dengan segudang prestasi tapi tidak memiliki kemampuan bersosialisasi dengan orang lain. Ia akan terkurung pada dunianya sendiri, sedangkan di abad 21 kita dituntut untuk bertemu dengan siapa saja bahkan orang asing, karena dunia sudah sangat terbuka. Dengan duabelas keterampilan dasar ini, setiap peserta didik siap mengahadapi dunia modern dengan tantangan yang sangat dinamis, karena perkembangan teknologi pengetahuan yang sangat cepat. Peserta didik juga akan siap mengisi berbagaimacam profesi baru yang muncul karena cepatnya perkembangan teknologi, di samping itu mereka juga siap menjadi pemimpin dan inovator di masa depan. (Zuhair Aqif)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip