SEKILAS INFO
13-04-2021
  • 4 minggu yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 minggu yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
  • 4 minggu yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPPNU,  Selasa – Kamis 16-18 Maret 2021
15
Mar 2020
0
Amaliyah Rajab, Istiqomah Jalurnya

Jombang. Saat ini memang sudah memasuki pertengahan bulan Rajab, tetapi semangat untuk memuliakan bulan ini akan selalu membara. Bulan Rajab merupakan satu dari empat bulan haram. Allah sangat memuliakan empat bulan haram tersebut. Mengapa disebut Bulan Haram? Karena pada bulan-bulan tersebut, umat mukmin dilarang untuk melakukan hal yang dinilai haram secara syariat Islam.

Kemuliaan bulan Rajab ialah bulan dimana Rasulullah menerima perintah ibadah wajib umat Islam. Melalui Isra’ Mikraj, peristiwa perjalanan Rasulullah dari Masjdil Haram ke Masjidil Aqsa dan menuju Sidratulmuntaha, Nabi Muhammad SAW menerima perintah sholat. Peristiwa Isra’ Mikraj terjadi pada 27 Rajab.

Anjuran puasa pada bulan Rajab sangat utama karena dengan berpuasa kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, terutama pada 10 hari pertama bulan Rajab. Terkait hukum puasa dan ibadah pada bulan Rajab, Imam Nawawi menyatakan bahwa Rasulullah SAW sangat menyukai puasa dan memperbanyak ibadah pada bulan Haram. Sebaiknya melakukan amal ibadah di bulan Rajab hanya karena Allah dan berharap kemuliaan bulan Rajab dapat menghapiri kita.

Selain puasa, istighfar juga seringkali diamalkan pada bulan Rajab. Sebenarnya tidak hanya di bulan Haram saja, istighfar harusnya sering dibaca pada bulan lainnya. Bacaan istighfar pun beragam. Sedangkan waktu yang lebih utama adalah antara sholat Ashar dan Maghrib.

“Kita harus perbanyak doa pada bulan ini. Seperti di musholah-musholah itu yang sering pujian

اَللّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

(Yaa Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan pertemukanlah kami di bulan Ramadhan).”, ungkap Ustadzah Khumshonatin, S.Ag.,M.Pd.I, pendidik di Madrasah Aliyah Unggulan KH. Abd. Wahab Hasbulloh (MAUWH) Jombang.

Tidak anjuran khusus dimana sebaiknya untuk melakukan amaliyah Rajab karena semua amaliyah Rajab adalah sunnah, dikerjakan mendapat pahala dan tidak dilakukan juga tidak masalah. Akan tetapi, yang terpenting dari semua amaliyah Rajab adalah istiqomah yang berkelanjutan pada bulan-bulan setelahnya. “Sedikit tapi istiqomah itu lebih baik daripada melakukan banyak tapi setelah itu berhenti. Jadi, pada mulanya istiqomah itu memang harus dipaksa dan disertai dengan komitmen”, kata wanita kelahiran Nganjuk yang mengenyam pendidikan pondok pesantren sejak usia remaja. (FN)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip