SEKILAS INFO
01-08-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
3
Mar 2020
0
Antusiasme Pelajar, PK IPPNU MAUWH Jayakan Makesta

Jombang. Selasa, 3 Maret 2020, sedang berlangsung kegiatan Masa Kesetian Anggota (Makesta) di Madrasah Aliyah Unggulan KH. Abd Wahab Hasbulloh (MAUWH). Kegiatan tersebut telah dipersiapkan secara matang oleh panitia Pengurus Komisariat Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama (PK IPPNU) MAUWH.
Akibat satu dan lain hal, Makesta diselenggarakan terlambat dari jadwal yang dibuat oleh panitia. Meskipun begitu, Makesta akan tetap dilangsungkan selama dua hari yakni Selasa dan Rabu (3-4 Maret 2020). Makesta IPPNU PK MAUWH dibuka oleh Kepala Madrasah, Faizun, M.Pd, yang memberikan semangat kepada siswi untuk dapat mengikuti kegiatan sampai akhir.
Tema dari Makesta IPPNU kali ini adalah “Menanamkan Jiwa Ukhuwah Islamiyah dan Rela Berkhidmah Bagi Pelajar Nahdatul Ulama (NU) yang Berpaham Ahlusunnah Wal Jamaah (Aswaja)”. Menurut Ketua Pelaksana, Firda Zajilah Rohmah, tema tersebut bertujuan untuk dapat lebih memahami pentingnya Aswaja bagi setiap pelajar NU.
Materi ke-Aswaja-an menjadi pembuka dalam Makesta PK IPPNU dengan pemateri Dr. Miftahul Arif, M.HI. Dasar-dasar aswaja menjadi mutlak harus dimiliki oleh setiap pelajar NU. Di antara materi yang disampaikan, terdapat landasan berpikir aswaja yaitu Tawassut (moderat), Tawazun (proporsional antara dunia dan akhirat), I’tidal (adil), Tasamuh (toleran), dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar (melakukan kebajikan dan menjauhi kemungkaran).
Ke-organisasi-an menjadi materi selanjutnya yang dipaparkan oleh Risa Lailatul Mufidah. Menurut Rekanita Koordinator Kaderisasi Pengurus Anak Cabang (PAC) IPPNU Jombang tersebut, organisasi menjadi sesuatu yang penting untuk dimiliki. Organisasi akan berjalan baik dengan penerapan komunikasi yang apik.
Peserta Makesta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hal itu terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada pemateri. Salah satunya adalah tentang bagaimana pembagian tugas dalam organisasi meski belum mengenal semua anggota.
“Pembagian tugas yang baik adalah yang sesuai kemampuan, maka perlu diadakan Open Recruitment bagi semua anggota. Kemudian, komunikasi yang baik harus selalu diupayakan.”, tutur perempuan kelahiran Jombang, 26 Agustus 1998 itu.
Penerapan organisasi yang baik dapat terlihat dari panitia Makesta PK IPPNU MAUWH yang berhasil melangsungkan kegiatan ini. Ternyata, PK IPPNU MAWUH tidak hanya diikuti oleh siswi MAUWH saja, melainkan juga dihadiri oleh 3 utusan dari perwakilan PK IPPNU Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jombang.
“Dengan adanya Makesta, diharapkan dapat menanamkan dan memperluas wawasan ke-NU-an. Selain itu, kader-kader yang hebat sangat dibutuhkan di tengah zaman millennial ini.”, ungkap Alfiah Baituzzahro sekaligus ketua PK IPPNU MAUWH. (FN)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip