SEKILAS INFO
16-04-2021
  • 1 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 1 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
  • 1 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPPNU,  Selasa – Kamis 16-18 Maret 2021
22
Jan 2018
0
Asah Kemampuan Menulis Karya Ilmiah dengan Ujian Paper

Jombang — Ratusan siswa dan siswi Madrasah Aliyah Unggulan KH Abdul Wahab Hasbulloh atau MAUWH Bahrul Ulum Tambakberas Jombang mengikuti ujian paper. Diharapkan ini akan menjadi bekal saat mereka melanjutkan ke pendidikan tinggi.

“Kegiatan berlangsung sejak pagi hingga siang,” kata Miftakhul Arif, Senin (22/1). Wakil Kepala Madrasah bagian Kurikulum MAUWH tersebut menandaskan dalam sidang proposal peserta didik harus memaparkan di hadapan tim penguji tentang kerangka konseptual usulan penelitian yang diajukan, lanjutnya.

Sedangkan penilaiannya meliputi tiga komponen. “Yaitu penguasaan materi atau konsep, kesiapan data dan teknik penulisan,” kata Ustadz Arif, sapaan akrabnya.

Setelah peserta mempresentasikan proposal yang ditulis, tim penguji melakukan pendalaman dengan mengajukan sejumlah pertanyaan yang relevan. “Selanjutnya tim penguji memberikan saran dan masukan demi kelancaran proses penulisan serta kesempurnaan kualitas paper,” jelasnya.

“Secara khusus, ujian proposal paper ini dimaksudkan untuk menguji dan mengasah kemampuan metodologis peserta didik agar paper yang ditulis benar-benar berkualitas,” kata kandidat doktor di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tersebut.

Adapun secara umum, ujian ini dimaksudkn agar peserta didik memiliki pengetahuan baik teknis ataupun konseptual tentang bagaimana cara penulisan karya tulis ilmiah. “Hal tersebut sebagai bekal ketika mereka kelak melanjutkan studi ke perguruan tinggi,” pungkasnya.

Ujian paper diikuti peserta didik MAUWH yang telah menduduki kelas XI di semua jurusan. Proses berikutnya adalah membuat paper sebagai persyaratan bagi penilaian akhir tahun sekaligus kenaikan kelas mereka. (*s@if*)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip