SEKILAS INFO
16-04-2021
  • 1 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 1 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
  • 1 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPPNU,  Selasa – Kamis 16-18 Maret 2021
28
Mar 2019
0
Bentuk Hormat kepada Kiai dengan Rajin Menulis

Jombang – Banyak cara yang bisa dipilih santri untuk menunjukkan rasa takdzimnya kepada kiai. Bisa dengan menjaga perilaku yang ditunjukkan lewat bahasa tubuh. Namun yang juga penting adalah dengan menulis perkataan kiai, serta sejumlah tulisan lain yang bisa diketahui khalayak.

Penegasan tersebut disampaikan Syarif Abdurrahman pada pendidikan dan latihan atau Diklat Jurnalistik. Kegiatan diselenggarakan Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh atau MAUWH Tambakberas, Senin (18/3/2019).

“Kalian tetap harus menjaga akhlak seperti layaknya para santri,” kata Syarif, sapaan akrabnya kepada puluhan peserta diklat.

Akan tetapi, bentuk rasa hormat juga dapat dibuktikan dengan keterampilan menulis. “Ya, menulis apa saja tentang sosok, pikiran dan prestasi kiai, ibu nyai, dan para ustadz serta ustadzah yang ada,” kata kontributor NU Online biro Jombang tersebut.

Kemampuan menulis juga dapat menjadi sarana mengenalkan khazanah pesantren dan madrasah kepada masyarakat. “Karena selama ini, masih jarang tulisan yang mengungkap hal tersebut,” ungkap mahasiswa pascasarjana Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) Tebuireng ini.

Baginya, persepsi masyarakat sangat ditentukan dengan tulisan yang ada. “Karena tulisan menjadi jendela bagi orang luar untuk mengenal lebih dekat segala sisi yang ada di pesantren dan madrasah,” ungkapnya.

Di zaman terbuka seperti sekarang, yang dibutuhkan adalah membuat tulisan sebanyak mungkin tentang potensi lembaga pendidikan Islam. “Jenis tulisan juga bisa beragam. Dari mulai berita, opini, resensi, cerita pendek dan sejenisnya,” urainya.

Menurutnya, banyak kalangan yang penasaran dan ingin tahu tentang madrasah dan pesantren. “Kesempatan ini hendaknya dapat dioptimalkan dengan membuat karya khas santri, sehingga masyarakat akan memiliki gambaran yang lebih utuh,” katanya. Diklat jurnalistik ini dibuka oleh Ustadz Mustaufikin, dan diikuti sejumlah siswa dan siswi MAUWH. Narasumber yang dihadirkan adalah Syarif Abdurrahman dan Syamsul Arifin. (s@if)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip