SEKILAS INFO
31-07-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
28
Mei 2017
0

Malang – Mata pelajaran geografi  memang dianggap cukup membosankan jika hanya dilakukan di ruang kelas. Karena geografi adalah belajar tentang kajian ruang atau spasial, maka selayaknya akan lebih menyenangkan apabila peserta didik mengetahui lebih dekat dengan mengunjungi laboratorium maupun studi lapangan.

Karenanya siswa MAU WH pada Sabtu (6/5)  membawa rombongan yang terdiri 55 siswa dan siswi beserta 5 guru pendamping. Mereka melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Malang (UM), tepatnya di Laboratorium Geografi  gedung  I1  FIS.

“Tujuan dan manfaat kegiatan adalah untuk mengenalkan agar siswa dan siswi memperoleh informasi lebih mengenai kajian ilmu geografi dan objek kajian dalam ilmu tersebut,” kata Vebe Dwi Sri Lestari kepada media ini.  Mereka secara khusus mempelajari kajian ilmu geografi fisik, lanjut Ibu Vebe, sapaan akrabnya.

Selama berada di UM,  rombangan disambut ramah sejumlah dosen dan para laboran geografi dan dibawa langsung mengunjungi Laboratorium Metklim (Meteorologi dan Klimatologi) dan Laboratorium Geografi Tanah. “Kala itu peserta didik dibagi menjadi 2 kelompok besar,. masing-masing mempelajari pengenalan alat meteorologi dan geografi dasar, serta kelompok besar lainnya melakukan praktikum tanah,” jelasnya.

Seluruh siswa terlihat semangat dan berdecak kagum ketika mendengar penjelasan dan diperkenalkan bermacam alat meteorology. Masing-masing mempraktikkan alat Campbell Stokes, Thermometer Tanah Berumput , Thermohygrograph, Authomatic Weather S.

Serunya lagi, kala itu ada kesempatan tanya jawab yang dipandu Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si, selaku dosen Meteolorogi dan Klimatologi.

Sedangkan di laboratorium geografi tanah, dipandu Dicky Arinta, S.Pd. M.Pd, selaku Laboran Geografi Tanah. Para siswa-siswi diajak melakukan praktikum tanah, dengan  mempraktikan beberapa sampel tanah yang sudah ada  untuk dilihat tekstur tanah dan kandungan pH tanah, serta ditunjukkan peta daerah rawan longsor.

Kata salah seorang siswi, mereka merasa sangat senang ketika melakukan praktikum tanah, karena pembelajaran di ruang laboratorium tetapi sentuhan belajar di lapangan juga mereka dapatkan. “Sungguh mengasyikkan,” katanya.

Selanjutnya, selaku koordinator kunjungan laboratorium, Betty Masruroh, S.si, antusias para siswa terlihat dalam kunjungan dan berkesempatan menerima penjelasan materi dari masing-masing laboratorium serta dilakukam rotasi selama 45 menit.

Diharapkan dengan adanya kunjungan ini para siswa memiliki ketertarikan yang lebih terhadap pelajaran geografi, serta memahami fenomena geosfer yang ada di sekitarnya. (Vebe/s@if)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip