SEKILAS INFO
04-08-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
1
Apr 2017
0
Dibuka Kelas Digital, Kuota Terbatas

Jombang – Bagi orang tua yang ingin memiliki anak dengan kemampuan agama mumpuni, ada baiknya manfaatkan kesempatan ini. Tak semata dibimbing penguasaan kitab, juga keterampilan dalam memanfaatkan teknologi.

Ya, MAU WH membuka kelas digital dengan peserta didik terbatas. Kehadiran kelas ini dalam rangka menjawab pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga diharapkan nantinya para lulusan mampu beradaptasi dengan dinamika yang ada, serta membekali diri lewat keahlian agar bisa bersaing.

“Kelas digital ini baru akan kami buka pada penerimaan siswa baru tahun ini,” kata Ustadz Mustaufikin, MHI, Jumat (31/3) malam.

Alumnus pasca sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya selaku penanggungjawab mengemukakan bahwa banyak kelebihan dari kelas digital. “Kuota hanya untuk 30 siswa dan siswi serta satu kelas,” jelasnya. Dengan demikian, intensitas dan kontrol terhadap perkembangan peserta didik lebih dapat dioptimalkan, lanjutnya.

Ditanya soal kompetensi, staf Unit Pengendali Mutu Masdrasah (UPM) MAU WH ini menandaskan bahwa selama proses belajar mengajar nantinya dilakukan dengan pengantar bahasa Arab dan Inggris. “Juga penguasaan pelajaran pendidikan agama Islam berbasis kitab,” kata pria kelahiran Kendal tersebut.

Yang berbeda dari kelas regular yang ada, para peserta didik menguasai aplikasi e-library dan maktabah syamilah. “Itu dilakukan dalam proses pembelajaran harian,” tandasnya. Dengan demikian para peserta tidak lagi menggunakan buku selama pelajaran berlangsung karena seluruh materi disediakan dalam tablet.

“Keunggulan program ini adalah kelas khusus dengan fasilitas multimedia,” ungkapnya. Para peserta didik juga akan menghafal minimal 2 juz al-Quran. Juga surat pilihan dan penguasaan tajwid secara baik, lanjutnya.

Untuk dapat menjaga kualitas para guru dan siswa, pihak MAU WH telah melakukan kerjasama kelembagaan dengan berbagai pihak. “Untuk bahasa Arab dan Inggris, kerjasama telah kami jalin dengan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang,” katanya. Terkait peningkatan mutu pendidik dengan Universitas Islam Malang atau Unisma.

Sedangkan standar penguasaan kitab kuning dan ushul fiqh dengan Maqashid Senter di Surabaya. “Khusus untuk Bahasa Arab, madrasah juga memiliki kerjasama dengan Pondok Pesantren Darul Lughah wa Dakwah di Bangil,” terangnya. Dan untuk intensitas komunikasi Bahasa Inggris, menggandeng lembaga kursus Intens di Pare Kediri, lanjutnya.

Ustadz Mustaufikin mengemukakan bahwa kelas digital ini hanya dikhususkan untuk program Ilmu-ilmu Agama atau IIA. “Para guru atau ustadz di kelas ini juga pilihan dan tentunya melewati seleksi ketat,” tandasnya.

Madrasah yang berada di kawasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang ini memiliki tiga program peminatan yakni Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau MIPA, Ilmu-ilmu Sosial (IIS), serta Ilmu-ilmu Agama yakni IIA. (s@if)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip