SEKILAS INFO
31-07-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
Matsama Daring, Siswa Baru MAUWH Warisi Spirit Unggul Kebahrul Uluman

Jombang. Senin, 6 Juli 2020, merupakan sebuah langkah awal bagi siswa siswi baru Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh (MAUWH) Tambakberas Jombang. Meski berbeda dari tahun sebelumnya, Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) 2020 MAUWH dilangsungkan melalui daring.
Materi pertama disampaikan oleh K.H. M. Wafiyul Ahdi, S.H., M.Pd.I yang akrab disapa Gus Wafi. Dalam video situs youtube madrasah yang berdurasi lebih kurang delapan belas menit, materi kebahrululuman menjadi materi inti. Siswa baru selayaknya mengemban dua spirit unggul untuk dikembangkan.
Berdirinya Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU), tidak dapat dipisahkan dari adanya Perang Jawa yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro. Pendiri PPBU adalah Kiai Abdus Salam atau Mbah Shoichah yang merupakan komandan kompi wilayah Jombang dan sekitarnya.
Perang Jawa berlangsung antara tahun 1925 hingga 1930. Tepat tahun 1928, Mbah Shoichah melakukan sebuah rencana antisipasi dengan mencari tempat persembunyian yang aman bagi keluarga dan prajurit-prajuritnya dari kejaran musuh. Sampailah Mbah Shoichah di Dusun Gedang Kelurahan Tambakrejo yang digunakan sebagai lokasi pendirian padepokan nantinya.
Setelah Perang Diponegoro usai, Mbah Shoichah kembali ke lokasi tersebut. Selanjutnya digunakan sebagai tempat menuntut ilmu dan belajar kejadukan (ilmu kekebalan) kepada Mbah Shoichah.
Makam Mbah Shoichah berada di makam keluarga bersama dengan KH. Abdul Wahab Hasbulloh atau Mbah Wahab, tepatnya di sisi utara PPBU. Akibat minimnya sumber sejarah yang ditemukan, lokasi padepokan yang didirikan oleh Mbah Shoichah diperkirakan berada di area sekitar kompleks makam itu.
Pada masa selanjutnya, ahli waris Mbah Shoichah memindahkan pusat padepokan awal PPBU ke lokasi yang saat ini berdiri anggun Masjid Jami’ Bahrul Ulum. Pada generasi ketiga, putra dari Mbah Kiai Said, Mbah Abdullah Said semakin mengembangkan eksistensi PPBU yang ditandai dengan mulai dibangunnya bangunan-bangunan madrasah.
Selanjutnya, PPBU yang saat itu dipimpin oleh Mbah Chasbulloh melakukan inovasi pendidikan. Beliau mengubah pengajian yang sudah berlangsung selama itu menjadi sistem klasikal, yakni sistem madrasah dimana ada penjenjangan kelas dan pelajaran yang harus dikaji oleh santri.
Generasi keempat dilanjutkan oleh Mbah Wahab. Akibat keikutsertakan Mbah Wahab yang termasuk dalam ulama penggerak organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama, beliau terkenal di dalam hingga luar negeri yang secara otomatis berdampak terhadap keeksistensian PPBU.
Dalam mengelola pesantren, Mbah Wahab dibantu oleh adik-adiknya, diantaranya Kiai Hamid Hasbulloh, Kiai Abdur Rahim Hasbulloh, Mbah Nyai Fatimah Hasbulloh, dan Mbah Nyai Khodijah Hasbulloh (istri Kiai Bisri Syansuri, pendiri Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang).
Setelah kemerdekaan, pertama kali didirikan Madrasah Mubdil Fan yang selanjutnya menjadi Madrasah Ibtida’iyah Bahrul Ulum. Tahun 1960-an, berdirilah madrasah Mualimin dan semakin lama terus memunculkan madrasah baru lagi.
Perkembangan PPBU semakin pesat yang dibuktikan dengan banyaknya santri yang menuntut ilmu di PPBU. Ada 16 lembaga pendidikan tingkat dasar hingga menengah dan 3 lembaga pendidikan tingkat tinggi.
Nasionalisme memang sudah ada sejak awal berdirinya PPBU yang diwariskan secara turun temurun kepada para santrinya, dimulai dari Mbah Shoichah hingga Mbah Wahab yang merupakan tokoh nasional pada masanya. Usia PPBU sudah 197 tahun, namun telah banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional dan ulama terkemuka di dunia.
Warisan cinta tanah air dari Mbah Shoichah dan spirit semangat dakwah islamiyah oleh Mbah Wahab merupakan warisan unggul santri PPBU. Siswa siswi baru MAUWH harus senantiasa bersyukur karena sudah menjadi bagian dari MAUWH yang banyak melahirkan siswa siswi unggul dalam berbagai bidang. Tidak hanya berada di Indonesia, tetapi juga tersebar di berbagai wilayah dunia. (FN)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip