SEKILAS INFO
25-05-2022
  • 1 bulan yang lalu / Nama – Nama Lulusan yang Diterima Di Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2022 : NABIELAH MAJDAH A.(UNESA), NUR SAFIQOH A.(UNESA), HARITSAH NI’MATUL K.(UNESA), ALYA RAHMA D.(UNAIR), KHOIRUN NISA'(Politeknik Negeri Batam), TRIANA WATI(Univ. Trunojoyo), DELIMA DAWAUL Q.(UIN Malang), PUTRI MAIA S.(UIN Malang), SINTIA NURUL K.(UIN Malang), NI’I GUSTI N.(Politeknik Negeri Malang)
  • 1 bulan yang lalu / MOH. HUSSEIN N.C.(IAIN Kediri), NIZAMUDIN AULIA(IAIN Ponorogo), ANDUNG A.(IAIN Ponorogo), AAKHIDZATIS S.(UIN Jember), ANISSA FATIH(UIN Malang), HASNA NAJMATUL M.(IAIN Ponorogo), NABILA R.J.(IAIN Tulungagung), NAILA BAITA F.H.(IAIN Tulungagung), UMULAILATUL H.(IAIN Ponorogo), MUH. RAFFY A.R.(UIN Malang), DEFAN AULI R.(UIN Malang), AKHAM RIZAL N.(UIN Banten)
  • 1 bulan yang lalu / ASFIYATUSSUNDUSIYAH(IAIN Tulungagung), ERSY SALMA N.(UIN Yogyakarta), FAHWA TALIYATUN N.F.(UIN Malang), FADHILA AMALIA(UIN Yogyakarta), NAJWA NAMIYYAH A.(UIN Malang), MUH. BINTANG P.(UINSA Surabaya), M. MAHDIN N.F.(UIN Yogyakarta), SAEFUL FARIS(UINSA Surabaya), ELOK KHORIDATUZ Z.(UINSA Surabaya), PUTRI SOFIANA A.(UIN Malang), RUSFIANA SHINTA D.(UINSA Surabaya)
7
Nov 2018
0
Ini Cerita Aluf Musthafa Usai Juarai Khitobah Nasional

Untuk bisa menjadi juara tingkat Nasional, sejumlah tahapan dan rintangan harus dilalui Aluf  Musthafa. Dari mulai latihan, hingga perasaan kurang percaya diri dan berakhir suka cita. Berikut penuturan singkatnya.

“Saya melewati hari-hari sebelum lomba dengan sejumlah latihan,” kata siswi Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh ini.

“Sehari-hari itu saya diberi soal-soal untuk latihan,” ungkap siswi kelas XII IIA 2 ini. Semua dikerjakan selama di pondok, demikian saat berada di madrasah.

Ketika berada di madrasah, soal yang ada dibahas bersama guru pembimbing, yakni Ustadzah Binti Muslikah. “Materi yang dipelajari seputar Bahasa Arab terutama kosa kata atau mufrodat yang harus sering dimurojaah,” jelas santri di Ribath al-Ikhlas Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas ini.

Demikian pula latihan terjemah sejumlah teks bahasa arab termasuk cerita. “Kalau ada mufrodat asing dicatat, lalu dicari di kamus atau ditanyakan kepada guru pembimbing,” urai Aluf, sapaan akrabnya.

Tidak berhenti sampai di situ, beberapa mahfudzat juga sering dibaca karena kisi-kisi soal olimpiade ada yang membahas tentang mahfudzat. “Nahwu, sharaf dan pengetahuan umum juga dipelajari,” katanya.

“Sedangkan guru yang dampingi saya ke Jakarta adalah Ibu Binti Muslikah dan Ibu Zuhriyah,” ungkapnya.

Ketika tiba waktunya perlombaan, dirinya sempat agak pesimis. “Karena melihat penampilan peserta lainnya yang sebagian peserta kalau bicara itu menggunakan bahasa Arab,” sergahnya. Ada juga peserta yang memang berasal dari pesantren bahasa, lanjutnya.

Melihat keadaan tersebut, Aluf  hanya bisa pasrah sambil tetap berdoa agar tidak mengecewakan madrasah.

“Saat hari penutupan yakni hari dimana pemenang diumumkan tiba, rasanya tidak percaya kalau yang dipanggil pemenang juara kedua itu atas nama saya,” katanya dengan muka berbinar.

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip