SEKILAS INFO
31-07-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
15
Feb 2017
0
Kelompok Baca, Agar Siswa Gemar Membaca dan Menulis

Jombang — Terhitung sejak awal Januari, Madrasah Aliyah Unggulan KH Wahab Hasbulloh (MAU WH) Tambakberas membentuk kelompok baca perpustakaan. Meskipun baru memiliki 15 anggota yakni para siswa dan siswi madrasah setempat, diharapkan jumlah kelompok ini terus bertambah.

“Alhamdulillah, sejak bulan Januari telah terbentuk kelompok baca perpustakaan MAU WH yang anggotanya 15 siswa,” kata Ustadz Mustaufikin, Senin (13/2).

Staf unit Pengendalian Mutu Madrasah di MAU WH ini mengemukakan bahwa kelompok baca fokus pada kegiatan peningkatan minat baca dan menulis. “Kegiatan wajibnya, mereka harus membaca setiap hari, dan setiap minggu adalah menulis,” jelas alumnus pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut.

Sedangkan kegiatan insidental adalah kajian literasi, seperti  yang dilakukan tadi siang. “Tema kajian adalah menggerakkan literasi madrasah yang menghadirkan Ustadz Miftahul Arif,” ungkapnya.

Dalam penjelasannya, Ustadz Miftahul Arif mengemukakan bahwa kesadaran literasi bangsa Indonesia termasuk rendah. “Rendahnya kesadaran literasi menjadi salah satu faktor masifnya peredaran khabar bohong atau hoax,” kata Ustadz Arif, sapaan akrabnya. Dengan budaya baca yang rendah, masyarakat menelan informasi, secara instan, tanpa berupaya mencerna secara utuh, lanjutnya.

Lebih lanjut, Wakil Kepala Sekolah MAU WH bidang kurikulum tersebut menyebutkan data UNESCO bahwa index membaca bangsa Indonedia hanya 0,0001. “Artinya, dari 1000 orang, hanya satu orang yang punya tradisi membaca secara serius,” ungkapnya.

Sementara itu ada sekitar 132, 7 juta orang telah menggunakan internet. Baginya, kondisi tersebut sebagai hal yang kontradiktif. “Menggunakan teknologi tinggi tanpa dilandasi tradisi membaca, maka buahnya adalah tradisi berteriak di jalanan sembari menyebar kebencian, memproduksi fitnah, serta memporak-porandakan ketentraman atas nama Tuhan,” tandas kandidat doktor di UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut.

Karenanya, Ustadz Arif mengajak seluruh elemen madrasah untuk mengawal gerakan literasi. “Tugas guru disamping mengajar adalah mendidik, menginspirasi dan menggerakkan,” jelasnya.

Harapan serupa disampaikan Ustadz Mustaufikin. “Kami mohon dukungan bapak dan ibu guru untuk ikut menyemangati anak-anak untuk lebih banyak membaca,” pintanya. Dia juga berharap dari komunitas kecil ini akan lahir siswa dan siswi yang gemar membaca dan memiliki kemampuan yang baik dalam menulis, pungkasnya. (saiful)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip