SEKILAS INFO
01-08-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
18
Feb 2020
0
Kepala MAUWH Ingatkan Manfaat Upacara Bukan Sekadar Rutinitas

Jombang- Setiap tanggal 17, ada yang berbeda di halaman Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd Wahab Hasbulloh (MAUWH), karena pada kesempatan tersebut diselenggarakan upacara bendera.

Peserta upacara dibagi menjadi beberapa peleton yang masing-masing memiliki pemimpin pasukan. Demikian juga dengan petugas upacara, adalah perwakilan dari beberapa kelas. Untuk kegiatan Senin (17/2) para petugas adalah kelas X MIPA1,  X IIA 1, dan X IIA 2, para dewan guru serta Ustadz Faizun M.Pd. sebagai pembina upacara.

Upacara berjalan tertib dan khidmat karena pada dasarnya siswa-siswi dilatih agar memiliki karakter dan beretika. Dan upacara merupakan bentuk penghormatan kepada bangsa dan negara.

“Madrasah kita selalu melakukan inovasi dan terobosan – terobosan demi menjadikan madrasah ideal,” kata Ustadz Faizun saat memberikan pengarahan.

Oleh sebab itu, beliau berpesan peserta didik jangan pernah malas mengikuti kegiatan karena segala sesuatu yang telah dirancang oleh madrasah bukan untuk main-main.

“Diharapkan seluruh siswa-siswi mampu meneladani ulama’ yang masyhur dan kompleks seperti KH Abdul Wahab Chasbullah atau malah lebih baik pada masanya nanti,” kata alumnus pascasarjana Universitas Islam Malang (Unisma) tersebut.

Dalam pandangannya, banyak hal yang patut diteladani dari sosok KH. Abdul Wahab Chasbullah atau Mbah Wahab yang tidak hanya politisi, tetapi merupakan seorang ulama yang mampu berfikir kritis dan berwawasan jauh ke depan.

Terkait upacara, Ustadz Faiz menjelaskan memiliki manfaat, di antaranya sebagai sarana untuk melatih kesiapan kala berkhidmah di masyarakat dan memiliki jiwa nasionalis.

“Agar generasi muda kelak siap terjun di masyarakat. Namun kegiatan ini sering dianggap remeh atau banyak yang menganggap upacara adalah hal yang sangat biasa,” ungkapnya.

Kegiatan selanjutnya yang biasa dilakukan siswa MAUWH adalah ‘Bhakti BU’ atau bersih-bersih lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum. Seperti yang dilaksanakan siswi kelas X MIPA yang membersihkan Masjid Utsmani di dekat makan Mbah Usman. Pada saat yang bersamaan, kelas lainnya bertugas di beberapa tempat yang telah ditujukan. Terdapat beberapa kelas yang tidak mengikuti pelaksanaan upacara dikarenakan berhalangan karena ada kegiatan lain. Seperti studi kampus (studi laboratorium) di Universitas Negeri Malang, dan Ujian Akhir Madrasah Nahdhatul Ulama (UAMNU) yang diikuti kelas XII. (Nirmala/X MIPA 2)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip