SEKILAS INFO
13-04-2021
  • 4 minggu yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 minggu yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
  • 4 minggu yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPPNU,  Selasa – Kamis 16-18 Maret 2021
8
Feb 2020
0
Makna "K.H. Abd Wahab Hasbullah" di Balik Nama MAUWH

Jombang – Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd Wahab Hasbullah atau biasa disebut MAUWH terletak di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

Saat pertama didirikan, tahun 1994, madrasah ini bernama MAK atau Madrasah Aliyah Keagamaan. Berdirinya MAK dilatarbelakangi oleh penghapusan jurusan agama pada Madrasah Aliyah Umum (MAU) sebagaimana tertuang pada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) tahun 1989.

Ketika awal berdiri kegiatan pembelajaran bertempat di aula MAN 3 Jombang, yang saat itu masih bernama MAN Tambakberas” kata Ustadz Miftakhul Arif kepada media ini. Seiring dengan berjalannya waktu, kegiatan pembelajaran berpindah ke Pondok Pesantren Putri Al Lathifiyah 3. Kemudian perpindah lagi ke Sekolah Tinggi Agama Islam Bahrul Ulama (STAIBU), yang saat ini kita kenal menjadi Universitas KH. A. Wahab Hasbullah atau UNWAHA. Sebelum menempati gedung permanennya saat ini, MAK sempat pindah tempat beberapa tahun di gedung bekas MTsN Tambakberas,” jelas mantan Wakil Kepala Urusan Kurikulum yg saat ini menjabat sebagai staf Unit Penjamin Mutu MAUWH ini.

Gedung MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Bahrul Ulum

Pada tahun 2014, MAK mengawali bertempat di gedung A yang sampai sekarang digunakan. Kala itu ada aturan baru berupa UU Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003 yaitu menghapus program keagamaan dan menjadikan program agama sebagai program jurusan.
“Agar madrasah tetap eksis, maka MAK mengubah nama menjadi Madrasah Aliyah Wahab Hasbulloh atau MAWH,” jelas Ustadz Arif, sapaan akrabnya.

Nama MAWH ini diambil dari salah satu pendiri Nahdlatul Ulama yaitu K.H. Abd Wahab Hasbullah atau akrab disapa Mbah Wahab. “Hal tersebut dalam rangka tabarrukan atau mencari berkah, yaitu menjadikan sosok Mbah Wahab sebagai panutan agar siswa siswi MAWH dapat mencontoh perjuangannya,” jelas peraih gelar doktor di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tersebut.

Mbah Wahab lahir pada tahun 1887 di Tambakberas, Jombang. Beliau mengenyam pendidikan agama di berbagai pondok di Jawa Timur, salah satunya di Tebuireng Jombang. Kemudian meneruskan pendidikan di Makkah. Di sana mendirikan di antaranya Nahdlatul Wathan (1916), Nahdlatut Tujjar(1918), dan juga mensponsori Syubbanul Wathan (1924) yang menjadi cikal bakal pemuda Ansor. “Beliau juga memipin jurnalistik majalah Soeara NU yang berbahasa Jawa Pegon kala itu,” ungkap ayah satu anak tersebut.

Dalam pandangan Ustadz Arif, Mbah Wahab adalah sosok yang paripurna. “Yaitu seorang ulama, kiai, saudagar, politisi, pejuang kemerdekaan, diplomat, pengacara, juga seorang jurnalis. Beliau adalah pribadi yang kompleks,” tuturnya.

MAWH terus berkembang menjadi madrasah unggul. “Atas masukan dari salah satu pengurus yayasan yaitu almarhum K.H. Abd Kholiq Mustaqim MAWH disempurnakan dengan menyematkan kata “Kiai Haji” menjadi Madrasah Aliyah K.H. Abd. Wahab Hasbulloh yang kemudian sekarang kita kenal dengan sebutan MAUWH atau Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh” pungkasnya. (Nine X MIPA 2)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip