SEKILAS INFO
16-04-2021
  • 1 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 1 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
  • 1 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPPNU,  Selasa – Kamis 16-18 Maret 2021
18
Mar 2020
0
MAUWH Gelar Edukasi dan Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

Jombang- Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh (MAUWH) Tambakberas menggelar sosialisasi pencegahan virus corona kepada peserta didik dan guru, Senin (16/3). Kegiatan hasil kerja sama dengan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum (YPPBU) dan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang.

Sosialisasi dilaksanakan di aula gedung madrasah dengan dihadiri seluruh peserta didik, guru, beserta tenaga kependidikan. Kegiatan sosialisasi dimulai pukul 08.00 hingga 10.00 WIB dengan narasumber dokter Iwan Maftuchin dari Rumah Sakit Islam (RSI) Jombang.

“Tujuan diadakannya edukasi dan sosialisasi tak lain adalah sebagai upaya menjaga peserta didik, guru, tenaga kependidikan dari bahaya virus corona,” kata Mas Iwan, sapaan akrab narasumber.

Wakil Direktur RSI tersebut mengatakan, sosialisasi merupakan salah satu upaya pencegahan terhadap penyebaran virus corona di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum khususnya MAUWH.

“Melalui sosialisasi, siswa dan warga lingkup MAUWH diharapkan lebih memahami apa itu Corona Virus Disease (Covid-19), gejala yang ditimbulkan dan mengetahui langkah yang perlu diambil untuk mencegah,” ungkapnya.

Sementara itu, Mas Iwan mengatakan, virus corona adalah jenis influenza yang sudah melakukan replikasi dan merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan.

“Virus ini dapat menular kepada manusia dengan gejala demam, nyeri tenggorokan, sulit bernafas, nyeri pada kepala. Jika mengalami gejala, maka dihimbau untuk segera ke rumah sakit rujukan,” ungkapnya.

Dijelaskannya untuk saat ini vaksin belum ada, tetapi pencegahan dan antisipasi bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi curcumin berupa rempah-rempah seperti jahe, kunir, kunyit, sereh, cengkeh.

“Itu untuk imunitas dan daya tahan tubuh agar tetap vit,” tegasnya.

Sedangkan dari Dinas Kesehatan Jombang, Hj Novi juga membagikan tips sebagai ranah antisipasi.

“Yaitu dengan menggunakan masker bagi yang flu, menerapkan etika batuk yang benar, mencuci tangan dengan hand sanitizer, dan menyediakan alat pengukur suhu badan di area madrasah maupun di pondok,” katanya.

Yang juga penting adalah selalu menjaga pola makan agar tetap sehat, mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna sekaligus menjaga kebersihan lingkungan.

“Jangan takut, tetapi harus waspada,” kata Faizun MPd selaku Kepala MAUWH.
Seruan ini mengandung maksud agar tidak perlu berlebihan menanggapi virus ini, kuncinya selalu waspada.

“Untuk pencegahan, jaga pola hidup sehat yakni dengan istirahat cukup, memperbanyak makanan sayur dan buah-buahan. Jangan lupa untuk sering mencuci tangan dan menggunakan masker jika sedang sakit,” pungkasnya. (ZG)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip