SEKILAS INFO
04-08-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
19
Feb 2020
0
MAUWH Terapkan Program Hari Wajib Berbahasa Asing

Jombang – Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbullah (MAUWH) Bahrul Ulum Tambakberas Jombang merupakan madrasah yang fokus di bidang bahasa. Bahasa yang dikembangkan di madrasah ini adalah Arab dan Inggris. Sejak berdiri, madrasah telah mengembangkan program bahasa. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya program bahasa, salah satunya adalah program Hari Wajib Bahasa.

Program ini adalah mewajibkan siswa/siswi MAUWH untuk berbahasa Arab atau Inggris pada hari Selasa dan Rabu. Kegiatan dilakukan dalam berkomuikasi di lingkungan madrasah. Berbincang kepada teman, guru, membeli makanan di kantin dan lain sebagainya juga menggunakakan bahasa Arab atau Inggris.

“Merasa senang dengan adanya program ini, karena dapat melatih kemampuan berbahasa Arab dan Inggris, meskipun belum mahir,” kata Mirmala, siswa kelas X Mipa 2.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini tentu tidak mudah, masih sering adanya peserta didik yang melanggar. Untuk meminimalisir hal tersebut, jika menjumpai siswa yang melanggar akan dikenakan sanksi berupa membayar denda sebesar Rp.500 per kata. Hal ini dilakukan untuk memberikan efek jera kepada siswa agar mau mengikuti aturan yang ada.

“MAUWH membuat program bahasa untuk membekali siswa dan siswinya mahir di bidang Bahasa Arab dan Inggris karena keduanya merupakan bahasa internasional,” kata Ustadzah Binti Muslikhah selaku koordinator bahasa, Selasa (17/2).

Selain itu, MAUWH juga telah bekerja sama dengan beberapa universitas di Indonesia agar peserta didik mampu berbahasa Arab dan Inggris di antaranya: Universitas Islam Negri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang maupun Universitas Islam Negri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya.

“Semoga dengan adanya program bahasa ini dapat meningkatkan kemampuan para peserta  didik dalam bahasa asing dan dapat melanjutkan ke universitas baik dalam dan luar negri,” harap Ustadzah Binti Muslikhah. (Abdul Fuad/XI IIA 1)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip