SEKILAS INFO
28-02-2021
  • 3 hari yang lalu / Diklat TPQ 13-18 Maret 2021
  • 4 hari yang lalu / Link pendaftaran http://mauwhbu.edupongo.com/ppdb
  • 4 hari yang lalu / Jalur Reguler 16 Februari – 15 Mei 2021
30
Jan 2021
0
Nasionalisme dan Santri

Perlu diketahui jika sejarah kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peran para santri. para santri tergabung dalam basis-basis perjuangan kemerdekaan bersama dengan para pejuang lainnya seperti laskar Hizbullah dan Sabilillah. Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap tanggal 22 oktober memiliki nilai historis tersendiri. Dimana pada pertempuran besar pada 10 November di Surabaya, seruan jihad fi sabilillah yang kemudian dikenal dengan “Resolusi Jihad” yang dicetuskan oleh KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945.

Konon, segera setelah seruan itu, atas komando ulama-ulama pesantren, para santri dari berbagai daerah yang merengsek ke Surabaya sedikit pun tidak bergeser untuk terus memukul mundur pasukan sekutu sehingga menyebabkan tewasnya Brigjen A.W.S Mallaby, Sang Komandan sekutu.

Mengutip sambutan KH. Taufik, Ketua Tanfidziah PCNU Pemekasan, pada acara pembukaan PKD I PAC. GP Ansor kecamatan Pamekasan, “Mungkin kita, bangsa Indonesia ini tidak akan menikmati kemerdekaan seperti yang kita rasakan hari ini jika seandainya tidak ada seruan jihad dari ulama. Karena pertempuran sengit di Surabaya bukan reaksi spontan rakyat Surabaya dalam menghadapi sekutu melainkan karena pengaruh besar dari seruan jihad fi sabilillah dari Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari, Rais Akbar NU”.

Ini fakta sejarah yang tidak boleh dilupakan, sumbernya jelas, sanadnya mutawatir. Barangkali ini menjadi bagian dari catatan kecil tentang perjuangan para ulama dan santri dalam memperjuangkan kemerdekaan yang harus diketahui oleh semua kalangan, lebih-lebih oleh para santri di seluruh Nusantara. Dengan demikian, masihkan mempertanyakan nasinolisme santri? (IM)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip