SEKILAS INFO
04-08-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021

Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Organisasi Sekolah

Setiap sekolah pasti memberikan wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan potensinya dibidang keorganisasian. Hal yang sama juga dilakukan oleh Madrasah Aliyah Unggulan KH. Abd. Wahab Hasbulloh (MAUWH). Bahkan madrasah ini memiliki dua organisasi siswa sekaligus, yakni OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dan IPNU/IPPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama/Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama).

Yang berbeda dengan organisasi siswa di sekolah yang lain, di MAUWH, Pengurus OSIS maupun IPNU/IPPNU, dibagi atas pengurus putra dan dan pengurus putri, yang keduanya  diwakili oleh kelas X-XI. Kedua organisasi ini baik OSIS maupun IPNU/IPPNU mendapat pengawasan langsung dari Wakil Kepala Kesiswaan melalui pembinanya masing-masing.

Dalam setiap penyelenggaraan kegiatannya, OSIS dan IPNU/IPPNU harus memiliki program kerja dan tujuan yang jelas. Hal tersebut dikarenakan organisasi sekolah di tingkat aliyah merupakan proses penemuan dan pembentukan skill setiap siswa. Sehingga ketika siswa berada di tingkat Perguruan Tinggi, mereka dapat mengembangkan potensi yang sudah dibentuk.

OSIS merupakan organisasi sekolah yang wajib ada pada jenjang sekolah menengah pertama dan menengah. Melalui OSIS, siswa dapat melatih kepemimpinan, manajemen organisasi, manajemen waktu, public speaking, keberanian,  mengemban tanggung jawab, memperluas jaringan pertemanan dan lain sebagainya.

Sedangkan IPNU/IPPNU hanya terdapat di sekolah berbasis NU saja. Beberapa tahun terakhir, pembentukan IPNU/IPPNU di lingkungan sekolah mulai digalakkan. Hal tersebut bertujuan untuk membekali siswa terhadap maraknya paham radikal yang berkembang pada semua lini masyarakat. Adanya OSIS dan IPNU/IPPNU menjadikan siswa MAUWH dapat lebih leluasa menentukan pilihan terkait organisasi sekolah mana yang cocok untuk mereka. Karena pada dasarnya, tidak semua siswa dapat unggul di akademik. Mereka memiliki potensi masing-masing yang harus digali dan salah satu upaya penggaliannya itu melalui organisasi sekolah. Semakin banyak pengalaman yang didapatkan, maka peluang siswa mengetahui potensi dirinya pun terbuka lebar.

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip