SEKILAS INFO
26-11-2021
  • 3 bulan yang lalu / Nama – Nama Lulusan yang Diterima Di Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, dan Dunia Kerja Tahun 2021 : AHMAD ARYA R.(UIN Surabaya), MUH. ANGGI H. N. (UIN Sunan Kalijaga), MOCH. RHEZALDI N.Z.N. (ITAT Surabaya), MOH. FALAQ KHOMEINI (PENS Surabaya),RISWANDA SHOFANSA (POLINEMA Malang),MUH. KHOILUL ROHMAN (Politeknik Negeri Jember), Mochammad Rizky Santosa(Kepolisian RI “Bintara Polri”)
  • 3 bulan yang lalu / MOH. ARI NURHUDA A. (ITAT Surabaya), ADAWIYAH QONITA (STIKES Bahrul Ulum Jombang),AMIDDANA R.D.(Poltekkes Kemenkes Surabaya), AYUNDA DIANATUL I.(UIN Malang), DEWI INTAN A.(UNAIR Surabaya)
  • 3 bulan yang lalu / DIVA GAYATRI(Poltekkes Negeri Malang), DYAH AYU R.(UIN Walisongo Semarang), KHALIMATUS S.(IAIN Kediri), LUBABA UFA (UIN Malang), MUHAYYINATUL F.(IAIN Kediri)
  • 3 bulan yang lalu / NAJWA SYARIFAH S. (Poltekkes Negeri Surabaya), NETYA SYAFA P.B.(UNAIR Surabaya), TSABITAH NURIL A.(UINSA Surabaya), ULQY KHOIRUN N.A.(UTM Madura), YUNITA NUR(UPN Veteran Negeri Surabaya)
  • 3 bulan yang lalu / ZUHRIYAH A.H.(UINSA Surabaya), ADIKA R.(UIN Malang), AHMADIKA M.S.(UIN Yogyakarta), MOH. KHUSNUL L.A.(UIN Yogyakarta), MOH. WAFIUL A.(UNSWAGATI Cirebon)
  • 3 bulan yang lalu / MUH. ROMAHURMUZI F.(UIN SATU Tulungagung), MUH. MUWAFIQ K.(UIN SATU Tulungagung), ARGA Y.N.(UINSA Surabaya), AMALIA W.A.(UINSA Surabaya), DIAN RIFQI F.(UIN Malang)
  • 3 bulan yang lalu / DIVA A.P.(UNAIR Surabaya), NENY KHOIRUN N.(UIN Malang), NURUL RIZQI T.(Poltek Negeri Malang), SALSABIL F.H.(UM Malang), SALSABILA F.(UBHARA Surabaya)
  • 3 bulan yang lalu / SHOFI NUR A.(UIN Yogyakarta), SITI NUR R.(ISI Surakarta), WIHDATUL H.(UNESA Surabaya), HILYATUL A.M.(UIN SATU Tulungagung), ACH. AZIZY M.(UII Yogyakarta)
  • 3 bulan yang lalu / AKH. DWI RISMANTO(Al Azhar Kairo (Mesir), A. FUAD HABIB(UIN Yogyakarta), A. MUWAFIQ NADHIF(Cham International Islamic Center Timur Tengah), A. SULAIMAN(UIN Suska Riau), DIMAS RIYANTO(IAIN Kediri)
  • 3 bulan yang lalu / FATKHUR ROKHMAN(IAIN Syekh Nurjati Cirebon), M. FADILAH ASYHARI(UIN Yogyakarta), M. SYAHROFI ADLUL K.( UIN Suska Riau), MOHAMAD FAUZAN(UINSA Surabaya), MUH. IMAM AKBAR(UIN Malang)
  • 3 bulan yang lalu / MUH. VANSA DIMAS P.(UMSIDA Sidoarjo), MUH. ZAHIDIN MA’ARIF(IAIN Kediri), A. AQIL MUSADDAD(Al Azhar Kairo Mesir), A. BEGHTAS DHIYA’UL H.( Universuitas Bildad Al Syam Timur Tengah), MOCH. SYAMSUDDIN YUSUF A.(UIN SATU Tulungagung)
  • 3 bulan yang lalu / MUH. EKKY FAKHRUNNAJAH(UNWAHA Jombang), FIFI NUR A.(UTM Madura), FIRDA ZAJILAH R.(UNWAHA Jombang), ISNA NAZIDA A.(IAIN Kediri), MAULIDA EVA M.(UNWAHA Jombang)
  • 3 bulan yang lalu / NAFA CHISBIYAH(UNHASY Jombang), NAJWA KAMILAH(UIN Jakarta), SHINTA RATU PUTRI U.P.(UINSA Surabaya), SHAFA’ AFIFAH K.(UIN Bandung), AISAH CHUSNUL K.( KURSUS), AFWAJ RIZIQ(Mondok), MUH. HUSNUN NI’AM(Kerja), MUH. ALI AFLAH KHOLILURROHMAN(Kerja)
  • 3 bulan yang lalu / Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Bahrul Ulum Mengucapkan Selamat Tahun Baru 1443 H
27
Mar 2019
0
Pelajar Harus Miliki Keterampilan Menulis

Jombang – Apa yang mengemuka di media, termasuk media sosial sangat bergantung dengan apa yang ditulis. Karenanya, memiliki kemampuan menulis menjadi hal tidak terhindarkan, apalagi bagi pelajar Muslim agar tulisan positif semakin dominan. 

“Saat ini mengakses informasi demikian mudah,” kata Ustadz Mustaufikin, Senin (18/3). Oleh sebab itu, kalangan terpelajar khususnya santri diharapkan menjadi penyedia konten positif di media, lanjutnya.

Penegasan tersebut disampaikannya pada pembukaan pendidikan dan latihan atau Diklat jurnalistik di Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh (MAUWH), Tambakberas Jombang, Jawa Timur.

Menurut staf Unit Pengendali Mutu MAUWH ini, para pelajar harus melengkapi pengetahuan agama dengan kemampuan menulis. “Kalau tidak, media justru akan diisi oleh mereka yang sebenarnya tidak memiliki kemampuan agama mendalam, yang akibatnya menyesatkan umat,” ungkapnya.

Bagi alumnus Pesantren Tremas Pacitan tersebut, aktif dalam menyajikan produksi jurnalistik menjadi jihad baru saat ini. “Dengan demikian, warga internet akan semakin memiliki banyak pilihan, khususnya dalam masalah keagamaan,” jelasnya.

Ustadz Mustaufikin tidak menampik bahwa selama ini banyak konten yang membahas persoalan agama, namun jauh dari penjelasan yang benar, apalagi ideal. “Karena yang mengisinya adalah kalangan yang tidak memiliki otoritas dalam masalah agama Islam,” keluhnya.

Karenanya, alumnus pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tersebut mengingatkan peserta Diklat jurnalistik untuk benar-benar serius dalam menerima materi yang disampaikan narasumber. “Sebab, kemampuan menulis sangat dibutuhkan bagi pelajar Muslim zaman now. Tidak hanya saat ini, juga di masa mendatang,” ungkapnya.

Belum lagi sekarang sudah mulai banyak konten di media umum dan media sosial yang menggunakan jurnalisme warga. “Ini adalah kesempatan bagi siapa saja untuk bisa berkontribusi bagi tersebarnya liputan dan karya jurnalistik,” katanya.

Namun untuk dapat menjadi jurnalis andal, bekal yang tidak boleh ditinggalkan adalah membaca. “Semakin sering membaca, wawasan akan kian luas,” ungkapnya. Kemampuan  menulis semakin tajam dengan membaca karena akan membukakan cakrawala, wawasan, serta sudut pandang dalam menulis, lanjutnya.

Menurutnya, keterampilan menulis apalagi dengan dibekali kaidah jurnalistik, akan menjadi amal jariyah. “Tulisan dan konten yang kita buat, kemudian disebar di media termasuk media sosial akan menjadi kebaikan berkelajutan atau amal jariyah,” ungkapnya.  Diklat jurnalistik ini menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan MAUWH setiap tahun. Untuk pelaksanaan kali ini menghadirkan narasumber dari NU Online, yakni Syarif Abdurrahman dan Syamsul Arifin. (s@if)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip