SEKILAS INFO
31-07-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
9
Mar 2020
0
Pengalaman Firda Laila Lolos 20 Besar Olimpiade Biologi Nasional

Jombang — Madrasah Aliyah Unggulan KH Abdul Wahab Hasbulloh (MAUWH) kembali menorehkan prestasi. Tak hanya di bidang akademik, nonakademik juga telah didapatkan. Pada Sabtu (8/2) lalu, siswa bernama Firda Laila berhasil masuk 20 besar pada ajang olimpiade biologi tingkat nasional di Universitas Islam Negeri Malang.

Apa yang diraih putri pasangan Muhammad Qordowi dan Nur Rochmawati dan tinggal di Bandar Kedungmulyo Jombang tersebut membuatnya bercita-cita kelak akan menjadi dokter.

“Saya menyukai pelajaran Biologi karena gemar dengan tumbuhan,” kata Firda sapaan akrab anak pertama dari 4 bersaudara ini.

Siswa kelas X MIPA 2 MAUWH ini berharap dengan kecintaannya tersebut bisa memberikan kebahagiaan kepada orang lain.

Dan memang kegandrungan kepada biologi terpatri sejak pendidikan sebelumnya yakni saat di bangku Madrasah Tsanawiyah.

Dirinya pernah mengikuti lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Biologi tingkat kabupaten dan mendapatkan juara 3. Pada tahun berikutnya berkesempatan lagi terlibat pada KSM Biologi tingkat kabupaten dan mendapatkan juara 1.

Kemudian saat kelas 9 menguji keberuntungan olimpiade biologi tingkat provinsi dan mendapatkan peringkat ke 11. Ia juga pernah mengikuti olimpiade di ITS dan  Bio Compact yang diselenggarakan oleh Universitas Surabaya (UNESA).

“Saya sudah berkali-kali mengikuti olimpiade biologi, kalah menang itu sudah biasa. Semuanya butuh perjuangan dan pengorbanan. Saya juga pernah terjatuh dan berusaha untuk bangkit kembali,” ungkapnya.

Dalam pandangannya, keberuntungan terkadang tidak akan datang untuk kali kesekian. Bila ada kesempatan, maka hendaknya bisa dioptimalkan dengan baik. Bisa jadi, momentum itulah yang akan mengantarkan seseorang menuju yang diharapkan.

 “Pada tahun ini saya mendapatkan kesempatan yang sama dan saya tidak akan menyia-nyiakannya,” ungkap dia.

Dirinya tidak mengelak bahwa belajar dari masa lalunya sehingga berhasil masuk 20 besar pada olimpiade biologi tingkat nasional di UIN Malang.

“Saya merupakan orang yang penasaran dan jika ada pertanyaan harus dijawab dengan tuntas,” kata anak yang bercita-cita menjadi dokter ini.

Selama mempersiapkan olimpiade, dirinya dibimbing Ustadzah Faradian Islamiyah, S.Si. selaku  guru biologi di MAUWH sekaligus pembimbingnya. Ia juga sering meminjam buku di perpustakaan karena banyaknya materi yang harus dipelajari dari mulai tingkat MA/SMA sampai kuliah. Pada saat yang sama, membuka buku yang belum dikuasai dan menelaah soal-soal yang belum paham.

“Pada waktu olimpiade,  gugup pasti ada. Kemungkinan kalah sudah terbayang. Walaupun semudah apapun soalnya rasa takut tetap menghantui,” ungkap Firda.

Untuk bisa tetap berhasil, dirinya selalu mengingat dan meminta doa restu dari kedua orang tuanya. Demikian pula amalan pendukung agar bisa merengkuh harapan yang diidamkan. “Senantiasa berdoa dan membaca amalan surat al-Fatih setelah shalat fardhu, rutin menjalankan puasa Senin dan Kamis,” pungkasnya. (Dwi Rahma/X IIA 2)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip