SEKILAS INFO
26-05-2022
  • 1 bulan yang lalu / Nama – Nama Lulusan yang Diterima Di Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2022 : NABIELAH MAJDAH A.(UNESA), NUR SAFIQOH A.(UNESA), HARITSAH NI’MATUL K.(UNESA), ALYA RAHMA D.(UNAIR), KHOIRUN NISA'(Politeknik Negeri Batam), TRIANA WATI(Univ. Trunojoyo), DELIMA DAWAUL Q.(UIN Malang), PUTRI MAIA S.(UIN Malang), SINTIA NURUL K.(UIN Malang), NI’I GUSTI N.(Politeknik Negeri Malang)
  • 1 bulan yang lalu / MOH. HUSSEIN N.C.(IAIN Kediri), NIZAMUDIN AULIA(IAIN Ponorogo), ANDUNG A.(IAIN Ponorogo), AAKHIDZATIS S.(UIN Jember), ANISSA FATIH(UIN Malang), HASNA NAJMATUL M.(IAIN Ponorogo), NABILA R.J.(IAIN Tulungagung), NAILA BAITA F.H.(IAIN Tulungagung), UMULAILATUL H.(IAIN Ponorogo), MUH. RAFFY A.R.(UIN Malang), DEFAN AULI R.(UIN Malang), AKHAM RIZAL N.(UIN Banten)
  • 1 bulan yang lalu / ASFIYATUSSUNDUSIYAH(IAIN Tulungagung), ERSY SALMA N.(UIN Yogyakarta), FAHWA TALIYATUN N.F.(UIN Malang), FADHILA AMALIA(UIN Yogyakarta), NAJWA NAMIYYAH A.(UIN Malang), MUH. BINTANG P.(UINSA Surabaya), M. MAHDIN N.F.(UIN Yogyakarta), SAEFUL FARIS(UINSA Surabaya), ELOK KHORIDATUZ Z.(UINSA Surabaya), PUTRI SOFIANA A.(UIN Malang), RUSFIANA SHINTA D.(UINSA Surabaya)
8
Mei 2017
0
Peran Mbah Wahab Kian Tak Terbantahkan

Surabaya – Banyak cara yang dilakukan KH Abdul Wahab Hasbullah (Mbah Wahab) dalam menggelorakan semangat melawan penjajah serta memberdayakan masyarakat. Kiprah tersebut tercatat dan semakin membuktikan bahwa sosoknya demikian penting dalam perjalanan NU dan bangsa Indonesia.

“Sebelum NU didirikan, Mbah Wahab telah memprakarsai lahirnya Nahdlatut Tujjar atau kebangkitan para saudagar,” kata Edi Eka Setiawan, Sabtu (6/5). Demikian pula untuk membangkitkan rasa nasionalisme dibentuklah Nahdlatul Wathan, serta Taswirul Afkar yang mendiskusikan sejumlah persoalan keumatan dan kebangsaan, lanjutnya.

“Dengan sumbangsih yang demikian besar itulah, maka sangatlah tepat kalau dikatakan bahwa Mbah Wahab sebagai inisiator dari berdirinya NU di tanah air,” kata Mas Edi, sapaan akrabnya. Bahkan ketika Raja Saud menjadi penguasa Saudi Arabia dan akan memberangus sejumlah situs sejarah di Tanah Haram, justru Mbah Wahab yang berani secara fisik menghadap. Sejumlah keberatan pun disampaikan sekaligus menawarkan solusi, dan diterima penguasa kala itu.

Oleh karena itu, kehadiran para siswa dan siswi MAU WH ke Museum NU Surabaya sangatlah tepat untuk menggali lebih dalam kiprah dan sumbangsih Mbah Wahab. “Tidak hanya kiprahnya di NU, juga dalam sejarah panjang bangsa Indonesia sejak sebelum, saat hingga usai kemerdekaan,” kata pemandu di Museum NU tersebut.

Selama di lokasi tersebut, para siswa dan siswi didampingi oleh sejumlah guru dan petugas. Sebelum menyaksikan film pendek seputar kiprah para ulama dan kiai, mereka menyaksikan berbagai koleksi gambar dan benda bersejarah. (s@if)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip