SEKILAS INFO
13-04-2021
  • 4 minggu yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 minggu yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
  • 4 minggu yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPPNU,  Selasa – Kamis 16-18 Maret 2021
7
Mar 2020
0
Pimpinan Komisariat IPPNU MAUWH Sukses Gelar Makesta

Jombang – Pada Selasa (3/3), ada yang berbeda di Madrasah Aliyah Unggulan KH. Abd. Wahab Hasbulloh (MAUWH), yaitu adanya pelaksanaan Masa Kesetiaan Anggota atau Makesta.

Kegiatan sebagai pintu masuk untuk bergabung di Ikatan Pelajar Putri Nahdhatul Ulama (IPPNU) masa khidmah 2019 hingga 2020 yang dihadiri kepala madrasah, wakil kepala kesiswaan, dan Pimpinan Komisariat (PK) IPPNU Tambakrejo.

Pada kegiatan yang dipusatkan di aula madrasah setempat tersebut, Ustadz Faizun, MPd selaku kepala MAUWH menjelaskan bahwa tujuan pelaksaan Makesta agar peserta didik memiliki pengetahuan.

“Serta mampu merealisasikan apa saja yang telah dibahas dalam forum tersebut nantinya,” katanya saat sambutan.

Disampaikan, pihak madrasah memiliki obsesi agar lahir kader yang mampu meneruskan semangat para pendahulu dan berwawasan.

“Kami selalu ingin menciptakan kader-kader penerus bangsa yang berwawasan luas ala thariqatil Nahdhatul Ulama,” ujar Ustadz Faiz, sapaan akrabnya.

Selama kegiatan, peserta menerima materi IPPNU, Ahlussunnah wal Jamaah atau Aswaja, organisasi, dan Nahdhatul Ulama.

Penyampaian materi Aswaja diisi oleh Dr Miftakhul Arif, MHI, atau lebih akrabnya Ustadz Arif.

Alumnus program doktor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tersebut menjelaskan tentang pengertian Aswaja yaitu suatu kelompok atau pengikut Nabi SAW, para sahabat, dan ulama salafatus shalih yang memiliki mazab.

Kemudian pokok ajaran Aswaja, golongan yang menentang seperti Wahabi, Mu’tazilah, Syiah, Hizbut Tahrir, dan lain lain. Termasuk landasan berpikir Aswaja.

“Jika termasuk dalam Aswaja, maka kalian harus memiliki sikap tawassut atau moderat, tawazzun yakini proporsional antara dunia dan akhirat, i’tidal yaitu adil, tasamuh atau toleran, dan amar makruf nahi munkar,” jelas pria kelahiran Gresik tersebut.

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan sesi tanya jawab oleh peserta siswi-siswi yang berkesempatan bertanya langsung kepada pemateri.

Acara berlangsung dengan lancar tanpa kendala hingga akhir yang di tengah kegiatan, panitia juga menghibur peserta agar tidak merasa bosan di dalam ruangan dalam kurun waktu lama. Apalagi kegiatan berlangsung selama dua hari yakni Selasa hingga Rabu (3-4/3). “Semoga kalian senantiasa semangat menjalankan dan menegakkan ajaran-ajaran agama, dan tidak mudah terpengaruh oleh golongan-golongan yang sifatnya menentang syariat Islam,” pungkasnya. (Nirmala Rosalina/X-MIPA2)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip