SEKILAS INFO
01-08-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
13
Jul 2020
0
Proses Adaptasi dan Literasi Teknologi melalui Pembelajaran Daring

Jombang – Setiap musibah pasti ada hikmahnya. Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk tetap tinggal di rumah. Terjadi perubahan yang berbeda yang dirasakan pada saat ini, khususnya pada proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Tambakberas (MAUWH). Aktivitas guru, siswa, dan keluarga menjadi satu di rumah. Sementara itu, pembelajaran yang biasanya dijalani dengan bertatap muka kini melalui daring.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memutuskan, seluruh proses pembelajaran siswa melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau dalam jaringan (daring) selama masa darurat Covid-19. Tidaklah mudah berada pada situasi baru dan tidak semua siswa dapat menjalani secara konsisten pembelajaran daring karena berbagai keterbatasan. Misalnya rendahnya pemahaman tentang media digital, terbatasnya kemampuan sinyal / jaringan, dan ketiadaan fasilitas ponsel, laptop, dan tablet. Namun hal tersebut tidak menjadikan penghalang bagi Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Tambakberas (MAUWH) untuk tetap menjalankan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Semua guru dan siswa telah merasakan pembelajaran daring.

Sabtu (11/07/2020) Kepala Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Bapak Faizun,M.Pd. Melakukan pembukaan pembelajaran daring yang dilakukan melalui tayangan video online pada laman youtube madrasah. Tahun Pelajaran 2020/2021 resmi dibuka dengan proses pembelajaran daring. Bapak kelahiran Lamongan ini berpesan “Senantiasa menjaga akhlak karimah, berbudi pekerti yang baik selama di rumah bersama orang tua, tetangga serta keluarga lainnya. Yang kedua senantiasa istiqomah didalam menjalankan ibadah sebagaimana diajarkan dan dibimbing oleh para guru dimadrasah. Dan tentunya yang paling penting adalah senantiasa mematuhi, menghormati kedua orang tua, karena pada kebahagiaan Beliau disanalah Allah memberikan ridhonya.”

Teknis kegiatan pembelajaran diatur oleh Waka Kurikulum Dr. MiftakhulArif, M.H.I yang disampaikan melalui group peserta didik. Pembinaan Tahfidz Al-Qur’an, kebahasaan (Bahasa Inggris dan Arab), serta kegiatan pengembangan diri akan tetap dilaksanakan. Semua kegiatan harus tetap berjalan karena kita tidak tau kapan pandemic ini akan berakhir, tidak akan mengurangi kualitas pembelajaran justru memotivasi kita untuk memberikan kegiatan pembelajaran yang efektif dengan cara yang ditentukan sesuai

Dengan kondisi pembelajaran daring sebagai proses beradaptasi dengan teknologi sangat mudah bagi siswa, karena saat ini madrasah berhadapan dengan generasi Z, dimana generasi yang sangat lekat dengan teknologi digital. Adaptasi inilah yang mendorong siswa untuk mudah bermigrasi ke era industri 4.0. dalam hal ini, siswa tidak harus pergi ke madrasah untuk menuntut ilmu, tapi dapat langsung melalui online ketika belajar. Apalagi ditengah pandemi Covid-19, teknologi menjadi penghubung utama dalam proses belajar. Pembelajaran tatap muka dilakukan dengan bantuan teknologi internet. Bukan hanya siswa yang beradaptasi, guru pun beradaptasi dengan perubahan ini. Peran guru berubah, tetapi peran secara fisik berkurang karena pengunaan berbagai media pengajaran. Guru juga dipaksa belajar teknologi baru dengan berbagai media pembelajaran. Guru mulai membuat video, aplikasi Google Meet, Zoom, Edmodo, Google Form, dan berbagai aplikasi lainnya yang dapat menunjang proses pembelajaran daring.

Saat ini guru dan siswa memanfaatkan fasilitas ponsel, laptop, tablet dan akses internet untuk proses pembelajaran. Siswa mulai belajar bagaimana memanfaatkan media social untuk tatap muka daring  dengan guru sekaligus bersua secara virtual dengan teman-temannya. Siswa juga mengasah keterampilan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) mulai dari mengetik tugas dengan Microsoft Word, membuat paparan dengan Power Point, membuat gambar atau poster, membuat video pendek, dan keterampilan teknologi informasi lainnya. Pengetahuan yang dapat digali guru maupun siswa sangatlah luas, banyak informasi melalui dunia maya dapat dimanfaatka nuntuk menunjang pembelajaran. Pembelajaran dengan teknologi informasi pada masa pandemi Covid-19 ini merupakan proses literasi digital yang tidak banyak disadari oleh banyak orang. Selama ini proses literasi digital berlangsung lambat dan parsial. Namun hari-hari ini dunia pendidikan mengalami pembelajaran yang luar biasa untuk memahami fasilitas teknologi, bagaimana memanfaatkan teknologi dengan efisien, serta memanfaatkan media social dan aplikasi-aplikasi lain untuk mendukung pembelajaran daring yang mereka jalani. Sebuah proses literasi digital yang sangat luar biasa positif bagi semua kalangan masyarakat. (ZG)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip