SEKILAS INFO
23-10-2021
  • 2 bulan yang lalu / Nama – Nama Lulusan yang Diterima Di Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, dan Dunia Kerja Tahun 2021 : AHMAD ARYA R.(UIN Surabaya), MUH. ANGGI H. N. (UIN Sunan Kalijaga), MOCH. RHEZALDI N.Z.N. (ITAT Surabaya), MOH. FALAQ KHOMEINI (PENS Surabaya),RISWANDA SHOFANSA (POLINEMA Malang),MUH. KHOILUL ROHMAN (Politeknik Negeri Jember), Mochammad Rizky Santosa(Kepolisian RI “Bintara Polri”)
  • 2 bulan yang lalu / MOH. ARI NURHUDA A. (ITAT Surabaya), ADAWIYAH QONITA (STIKES Bahrul Ulum Jombang),AMIDDANA R.D.(Poltekkes Kemenkes Surabaya), AYUNDA DIANATUL I.(UIN Malang), DEWI INTAN A.(UNAIR Surabaya)
  • 2 bulan yang lalu / DIVA GAYATRI(Poltekkes Negeri Malang), DYAH AYU R.(UIN Walisongo Semarang), KHALIMATUS S.(IAIN Kediri), LUBABA UFA (UIN Malang), MUHAYYINATUL F.(IAIN Kediri)
  • 2 bulan yang lalu / NAJWA SYARIFAH S. (Poltekkes Negeri Surabaya), NETYA SYAFA P.B.(UNAIR Surabaya), TSABITAH NURIL A.(UINSA Surabaya), ULQY KHOIRUN N.A.(UTM Madura), YUNITA NUR(UPN Veteran Negeri Surabaya)
  • 2 bulan yang lalu / ZUHRIYAH A.H.(UINSA Surabaya), ADIKA R.(UIN Malang), AHMADIKA M.S.(UIN Yogyakarta), MOH. KHUSNUL L.A.(UIN Yogyakarta), MOH. WAFIUL A.(UNSWAGATI Cirebon)
  • 2 bulan yang lalu / MUH. ROMAHURMUZI F.(UIN SATU Tulungagung), MUH. MUWAFIQ K.(UIN SATU Tulungagung), ARGA Y.N.(UINSA Surabaya), AMALIA W.A.(UINSA Surabaya), DIAN RIFQI F.(UIN Malang)
  • 2 bulan yang lalu / DIVA A.P.(UNAIR Surabaya), NENY KHOIRUN N.(UIN Malang), NURUL RIZQI T.(Poltek Negeri Malang), SALSABIL F.H.(UM Malang), SALSABILA F.(UBHARA Surabaya)
  • 2 bulan yang lalu / SHOFI NUR A.(UIN Yogyakarta), SITI NUR R.(ISI Surakarta), WIHDATUL H.(UNESA Surabaya), HILYATUL A.M.(UIN SATU Tulungagung), ACH. AZIZY M.(UII Yogyakarta)
  • 2 bulan yang lalu / AKH. DWI RISMANTO(Al Azhar Kairo (Mesir), A. FUAD HABIB(UIN Yogyakarta), A. MUWAFIQ NADHIF(Cham International Islamic Center Timur Tengah), A. SULAIMAN(UIN Suska Riau), DIMAS RIYANTO(IAIN Kediri)
  • 2 bulan yang lalu / FATKHUR ROKHMAN(IAIN Syekh Nurjati Cirebon), M. FADILAH ASYHARI(UIN Yogyakarta), M. SYAHROFI ADLUL K.( UIN Suska Riau), MOHAMAD FAUZAN(UINSA Surabaya), MUH. IMAM AKBAR(UIN Malang)
  • 2 bulan yang lalu / MUH. VANSA DIMAS P.(UMSIDA Sidoarjo), MUH. ZAHIDIN MA’ARIF(IAIN Kediri), A. AQIL MUSADDAD(Al Azhar Kairo Mesir), A. BEGHTAS DHIYA’UL H.( Universuitas Bildad Al Syam Timur Tengah), MOCH. SYAMSUDDIN YUSUF A.(UIN SATU Tulungagung)
  • 2 bulan yang lalu / MUH. EKKY FAKHRUNNAJAH(UNWAHA Jombang), FIFI NUR A.(UTM Madura), FIRDA ZAJILAH R.(UNWAHA Jombang), ISNA NAZIDA A.(IAIN Kediri), MAULIDA EVA M.(UNWAHA Jombang)
  • 2 bulan yang lalu / NAFA CHISBIYAH(UNHASY Jombang), NAJWA KAMILAH(UIN Jakarta), SHINTA RATU PUTRI U.P.(UINSA Surabaya), SHAFA’ AFIFAH K.(UIN Bandung), AISAH CHUSNUL K.( KURSUS), AFWAJ RIZIQ(Mondok), MUH. HUSNUN NI’AM(Kerja), MUH. ALI AFLAH KHOLILURROHMAN(Kerja)
  • 2 bulan yang lalu / Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Bahrul Ulum Mengucapkan Selamat Tahun Baru 1443 H
4
Mei 2017
0
Rahasia di balik Rasa Syukur

Salah satu ajaran Islam yang begitu mulia untuk di amalkan adalah syukur. Syukur merupakan tindakan yang menggambarkan rasa terima kasih karena mendapat suatu nikmat, terhindar dari marabahaya, mendapatkan bantuan atau pertolongan dikala susah dan lain sebagainya. Rasulullah Muhammad SAW pernah berkhutbah:

“Barangsiapa tidak bersyukur terhadap nikmat yang sedikit, maka ia tidak bersyukur terhadap nikmat yang banyak. Barangsiapa tidak bersyukur (berterimakasih) kepada manusia, maka ia tidak bersyukur kepada Allah SWT. Menyiarkan nikmat dari Allah adalah syukur dan meninggalkannya adalah kufur. Persatuan itu rahmat dan perpecahan itu azab.” (HR. Ahmad)

Islam mengajarkan ajaran yang bersifat vertikal dan horisontal. Ajaran vertikal adalah ajaan yang menghubungkan antara hamba dengan Tuhannya, sementara ajaran horisontal adalah ajaran yang menghubungkan hamba dengan sesama hamba. Artinya sebagai agama, Islam mengajarkan peribadatan yang berupa penghambaan diri kepada Allah dan juga mengajarkan etika-etika sosial sosial sesama makhluk baik itu manusia ataupun lingkungan.

Syukur seperti penjelasan khutbah Rasululaah di atas merupakan amalan yang bersifat vertikal sekaligus horisontal. Syukur merupakan amalan yang tertuju kepada Allah karena anugerah nikmatNya. Di sisi lain syukur juga amalan yang yang melahirkan tindakan sosial karena ketika seseorang mewujudkan rasa syukurnya dengan berbagi kepada orang lain, maka tindakan tersebut menjadi tindakan sosial.

Sungguh kita tidak bisa menghitung nikmat Allah yang diberikan karena nikmatNya terlampau banyak, seperti yang ditegaskan dalam surat an-Nahl ayat 18:

“dan jika kalian menghitung nikmat Allah, niscaya kalian tidak akan sanggup menentukan jumlahnya.”

Oleh karena itu sebagai hamba sudah sepatutnya kita selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah kita terima sekecil apapun nikmat itu. Dengan membiasakan diri bersyukur pada hal-hal kecil maka kita akan bisa bersyukur terhadap hal yang besar. Selain itu jika kita mensyukuri kenikmatan meskipun itu kecil, Allah akan membalasnya dengan menambah kenikmatanNya kepada kita, seperti janji Allah pada Surah Ibrahim ayat 7:

“Dan tatkala Tuhan kalian memaklumkan: “Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Kami akan manambah (nikmat) kepada kalian, dan jika kalian mengingkari (nikmatKu), maka sesungguhnya azabKu sangat pedih.”

Tidak berhenti pada ucapan sukur tetapi Islam juga mengajarkan untuk tahaddus binni’mah, yakni menyiarkan kenikmatan kepada orang lain juga berbagi kebahagiaan dengan mereka lewat bersedekah atas rizki yang diperoleh.

Bersyukur atau berterimakasih kepada sesama adalah hal yang menjadi ukuran, sejauh mana jiwa solidaritas kita. Bukankah nikmat yang kecil itu juga patut disyukui? Karena jika disyukuri bukankah mendapat akan mendatangkan nikmat yang lebih besar?

Setidaknya ada empat keungtungan yang kita dapatkan dari bersyukur:

Pertama, bersyukur mampu memunculkan emosi positif dalam setiap diri yang mengamalkannya. Orang yang bersyukur akan selalu optimis dalam menggapai prestasi.

Kedua, syukur (rasa terimakasih kepada orang lain) dapat mempererat tali persaudaraan. Oleh karena itu berterimakasih atau dalam bahasa lain bersyukur membuat orang yang mengamalkannya senantiasa bisa bersosialisasi dengan baik.

Ketiga, dengan bersyukur kita akan mendapat nikmat berlipat ganda, serta yang terakhir, rasa syukur juga bisa membendung sifat serakah dan mampu mencegah emosi negatif.

*Staf Unit Pengendali Mutu Madrasah (UPM) MAU WH.

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip