SEKILAS INFO
25-05-2022
  • 1 bulan yang lalu / Nama – Nama Lulusan yang Diterima Di Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2022 : NABIELAH MAJDAH A.(UNESA), NUR SAFIQOH A.(UNESA), HARITSAH NI’MATUL K.(UNESA), ALYA RAHMA D.(UNAIR), KHOIRUN NISA'(Politeknik Negeri Batam), TRIANA WATI(Univ. Trunojoyo), DELIMA DAWAUL Q.(UIN Malang), PUTRI MAIA S.(UIN Malang), SINTIA NURUL K.(UIN Malang), NI’I GUSTI N.(Politeknik Negeri Malang)
  • 1 bulan yang lalu / MOH. HUSSEIN N.C.(IAIN Kediri), NIZAMUDIN AULIA(IAIN Ponorogo), ANDUNG A.(IAIN Ponorogo), AAKHIDZATIS S.(UIN Jember), ANISSA FATIH(UIN Malang), HASNA NAJMATUL M.(IAIN Ponorogo), NABILA R.J.(IAIN Tulungagung), NAILA BAITA F.H.(IAIN Tulungagung), UMULAILATUL H.(IAIN Ponorogo), MUH. RAFFY A.R.(UIN Malang), DEFAN AULI R.(UIN Malang), AKHAM RIZAL N.(UIN Banten)
  • 1 bulan yang lalu / ASFIYATUSSUNDUSIYAH(IAIN Tulungagung), ERSY SALMA N.(UIN Yogyakarta), FAHWA TALIYATUN N.F.(UIN Malang), FADHILA AMALIA(UIN Yogyakarta), NAJWA NAMIYYAH A.(UIN Malang), MUH. BINTANG P.(UINSA Surabaya), M. MAHDIN N.F.(UIN Yogyakarta), SAEFUL FARIS(UINSA Surabaya), ELOK KHORIDATUZ Z.(UINSA Surabaya), PUTRI SOFIANA A.(UIN Malang), RUSFIANA SHINTA D.(UINSA Surabaya)
20
Sep 2017
0
Sambut 1 Muharram dengan Istighotsah dan Upacara

Jombang- Madrasah Aliyah Unggulan KH Abdul Wahab Hasbulloh atau MAUWH Tambakberas Jombang memiliki cara berbeda dalam menyambut 1 Muharram atau pergantian tahun 1439 H. Yakni dengan menggelar istighotsah yang diikuti pimpinan, guru, karyawan, serta seluruh siswa di halaman madrasah, yang dilanjutkan upacara bendera.

“Sebenarnya, upacara atau apel pagi adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan madrasah setiap tanggal 17,” kata Ustadz Abdul Haris, Rabu (20/9). Akan tetapi lantaran beberapa hari berikutnya ada peringatan 1 Muharram atau tahun baru Islam, maka upacara diundur dan dilaksanakan hari ini. Demikian pula untuk memberi nuansa berbeda, diadakan juga kegiatan istighotsah, lanjut Wakil Kepala MAUWH bagian kesiswaan tersebut.

Dalam pandangan alumnus Universitas Al-Azhar Mesir ini, baik istighotsah dan apel pagi memberikan pesan yang layak jadi renungan. “Kepada semua pihak yang terlibat dalam MAUWH, khususnya peserta didik untuk terus mengingat dan memegang teguh amaliyah yang selama ini menjadi ciri khas warga Nahdlatul Ulama,” kata Ustadz Haris, sapaan akrabnya.

“Kegiatan yang diawali istighotsah bertujuan memohon ampunan Allah serta ikhtiar batin agar selalu diberikan kemudahan dalam segala hal, terutama dalam menuntut ilmu,” jelasnya. Pada saat yang bersamaan, para siswa akan kian terbiasa dengan amaliyah nahdliyah serta memiliki pencerahan terhadap dasar alamiyah tersebut, lanjut alumnus IAIN Jember ini.

Upacara kali ini juga berfungsi sebagai ajang bagi para peserta didik yang tergabung dalam klompok baca untuk menampilkan karyanya baik puisi, cerpen, hingga pidato. Juga pemberian penghargaan kepada pesert didik yang paling rajin mengunjungi dan membaca sejumlah buku koleksi persustakaan madrasah.

Yang juga istimewa, sejumlah siswa turut menerima piala dan penghargaan lantaran terpilih sebagai the best student of MAUWH. (s@if)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip