SEKILAS INFO
31-07-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
7
Mei 2020
0
Semangat Siswa MAUWH Ikut Andil dalam Penanganan Covid-19

Jombang. Covid-19 hadir sebagai sebuah pandemi baru di dunia, termasuk di Indonesia. Di masa pendemi ini, pemerintah menghentikan semua kegiatan sosial, termasuk kegiatan belajar mengajar.

Pemerintah mewajibkan proses pembelajaran dilakukan di rumah masing-masing. Menurut pemerintah, hal tersebut merupakan tindakan yang paling tepat demi memutus rantai penyebaran Covid-19. Pun begitu yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Unggulan KH. Abd. Wahab Hasbulloh (MAUWH).

MAUWH merupakan sebuah madrasah dibawa naungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum (YPPBU) Tambakberas Jombang. Akibat Covid-19, YYPBU harus memulangkan santrinya ke rumah mereka masing-masing. Proses pemulangan santri berlangsung pada 27-30 Maret 2020 menggunakan armada bus. Sehingga dari situlah, penerapan pembelajaran di rumah mulai diterapkan.

Satu bulan lebih proses belajar dari rumah berlangsung. MAUWH memilih memberikan pembelajaran melalui berbagai macam media, seperti aplikasi WhatApp, Instagram, dan Email. Segenap dewan guru MAUWH pun memberikan pembelajaran dengan beberapa kategori, ada yang berupa tugas rangkuman, soal-soal, video, power point, hingga membuat sebuah produk (karya).

“Sebagai siswa, mendapatkan pengetahuan melalui proses pembelajaran merupakan hak utama. Tapi akibat pandemi ini, kita harus melakukan pembelajaran dari rumah yang membutuhkan akses berupa jaringan internet untuk menjalankan program itu sendiri. Sedangkan kami hanya mengunakan kuota internet, bukan Wifi yang jaringannya lebih stabil.”, ungkap Ahmad Muwafiq Nadhif, salah seorang siswa kelas XI IIA-1 MAUWH.

Siswa MAUWH berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari ujung barat hingga timur Indonesia. Perbedaan wilayah itulah yang berdampak pada perbedaan akses jaringan internet pula.

“Rumah saya termasuk desa yang cukup sulit mendapatkan jaringan internet, bahkan seringkali E. Maka ketika saya akan mengirim tugas, saya harus touring mencari tempat yang ada sinyalnya, mulai dari sawah, bukit, hingga terkadang duduk-duduk di pinggir jalan.”, kata Asfi Sundusiyah, santri MAUWH yang beralamatkan di Desa Mugomulyo, Kecamatan Sungai Batang, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

“Meski begitu, saya kan harus tetap melakukan pembelajaran online. Akhirnya saya sering pakai hotspot dari handphone Aba atau Umi hehehe.”, ulas Nadhif yang jago melantunkan sholawat itu. Semangat siswa MAUWH dalam menjalankan tugas kian membara. Berbagai upaya dilakukan supaya tugas dapat terkumpul ke guru mata pelajaran masing-masing. Jaringan internet memang kendalanya. Akan tetapi, sulitnya mengakses jaringan internet bukan penghalang mereka untuk melakukan pembelajaran dari rumah. (FN)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip