SEKILAS INFO
13-04-2021
  • 4 minggu yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 minggu yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
  • 4 minggu yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPPNU,  Selasa – Kamis 16-18 Maret 2021
23
Jan 2020
0
Siswa Kelas Akhir MAUWH Dibekali Penguatan dan Doktrinasi Aswaja NU

Jombang, MAUWH Bahrul Ulum – Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) dan Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh (MAUWH) Tambakberas bersinergi untuk membekali siswa kelas akhir jenjang Madrasah Aliyah yang akan lulus melalui kegiatan Penguatan dan Doktrinasi Aswaja.

Kegiatan diselenggarakan pada Selasa (21/1/2020) tepatnya di lantai 3 aula gedung MAUWH. Acara dimulai dari pukul 07.30-17.30 dengan dihadiri siswa kelas akhir sejumlah 116 siswa.

Melihat situasi saat ini yang banyak beredar fenomena gerakan radikalisme di Indonesia yang kian mengkhawatirkan karena tidak jarang yang menjadi sasaran golongan radilakis ini yaitu generasi baru.

Memberi bekal kepada siswa-siswi kelas akhir dengan doktrinasi Aswaja dirasa penting untuk menanggapi hal tersebut. Upaya menanggapi hal ini dilakukan dengan mengadakan kegiatan penguatan dan doktrinasi Aswaja yang merupakan upaya kerja sama antara Pengurus Yayasan PPBU dengan MAUWH.

Menurut penjelasan KH. Azam Khoiruman Najib, Wakil Ketua Pengurus Yayasan PPBU, doktrinasi Aswaja menjadi salah satu upaya penyaring pengaruh-pengaruh radikalisme.

“Doktrinasi Aswaja merupakan penyaring yang dilakukan oleh ulama mulai tahun 2012,” kata K.H Azam Khoiruman Najib saat menyampaikan materi.

Lebih lanjut, salah seorang tenaga pendidik di MAUWH, Rika Wahyu Widyaningsih, SH. menegaskan bahwa upaya doktrinasi Aswaja ditujukan pada siswa kelas akhir jenjang Madrasah Aliyah untuk membekali mereka memasuki jenjang yang lebih lanjut baik ke jenjang perguruan tinggi maupun sebagai bekal di masyarakat agar tidak terpengaruh aliran-aliran radikal.

Penguatan dan Doktrinasi Aswaja oleh KH. Azam Khoiruman Najib

“Seperti doktrinasi, penguatan Aswaja ke-NU-an untuk kelas akhir jenjang Madrasah Aliyah karena mereka akan memasuki dunia perkuliahan yang rawan doktrinasi aliran-aliran radikal,” kata Bu Rika, sapaan akrabnya.

Terkait manfaat diadakannya kegiatan penguatan dan doktrinasi Aswaja NU, salah satu peserta kegiatan Aldi Ardiansyah siswa kelas akhir MAUWH menyampaikan bahwa dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut menambah wawasan pengetahuan.

Selain itu, tentu saja menjadikan siswa lebih berhati-hati nantinya dalam menyikapi pengaruh di lingkungan perguruan tinggi maupun di lingkungan masyarakat.

“Kegiatan doktrin Aswaja NU memberi tambahan pengetahuan tentang fenomena golongan radikal, ada beberapa materi juga, soal aqidah Aswaja, ideologi, ke-Bahrul Ulum-an,” jelas Aldi.

Pembina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAUWH, Randi Setiawan, S.Pd. juga menegaskan terkait keefektifan kegiatan tersebut. Beberapa materi yang disampaikan untuk mengisi kegiatan lebih terfokus karena secara sistematis diluar pelajaran. “Bisa dikatakan adanya kegiatan ini efektif, karena materi yang diberikan kebanyakan di luar pelajaran, ada materi Ke-Bahrul Ulum-an, Aswaja NU, ideologi, ghozwul fikri, dan peta kampus,” terangnya. (RH)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip