SEKILAS INFO
01-08-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
20
Apr 2017
0
Tawaran Beasiswa bagi Para Huffadz dari Pemerintah Turki

Jombang – Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang sadar akan keajaiban yang tersimpan dalam al-Quran. Pada saat yang sama, tidak sedikit lembaga pendidikan yang menawarkan beasiswa bagi mereka yang mampu menghafal kitab suci umat Islam tersebut. Hal itu seperti dilakukan Program Beasiswa Tahfidz al- Quran (PBTQ) dariKementrian Agama RI yang bekerjasama dengan Pesantren As-Sulaimaniyah.

Dan MAU WH mendapatkan kesempatan istimewa karena menjadi tuan rumah sosialisasi PBTQ  dari yayasan United Islamic Cultural Centre of Indonesia atau UICCI. Kegiatan tersebut diselenggarakan Rabu (19/4) di aula MAUWH, serta dihadiri  sejumlah pimpinan, guru, karyawan termasuk ratusan siswa.

“Pesantren As-Sulaimaniyah menawarkan program menghafal al- Quran dengan cepat,” kata Ustadz Agung Budi Setiono selaku perwakilan dari pesantren tersebut di Indonesia.

Program ini berlaku bagi siswa berusia 14 hingga 18 tahun, yang memiliki kemampuan lancar membaca al- Quran beserta tajwidnya. “Persyaratan berikutnya adalah peserta memiliki akhlak mulia, disiplin, serta tidak merokok,” terangnya.

Nantinya para peserta dibagi menjadi dua kelompok, yakni tahfidz yakni bagi peserta yang telah hafal minimal 1 juz, telah lulus seleksi lisan dan tulisan, serta usianya tidak lebih dari 18 tahun.

“Kelompok kedua yakni tadris yang diperuntukkan bagi peserta yang telah hafal 30 juz atau mereka yang tinggal melanjutkan hafalannya,” katanya di hadapan hadirin. Ketentuan berikutnya adalah yang bersangkutan lulus seleksi lisan dan tulisan, serta maksimal usianya 22 tahun, lanjutnya.

Kepada peserta yang dinyatakan lulus, akan didampingi untuk menghafal al- Quran dengan metode khusus yang dimiliki pesantren tersebut. “Setelah hafal 30 juz selama 3 tahun, siswa akan mendalami ilmu al- Quran di Turki,” katanya sembari promosi. Sebelum belajar di madrasah khusus tersebut, peserta akan diajak melihat keindahan ibu kota negara tersebut yakni Istanbul, dan menikmati jamuan di rumah makan milik As-Sulaimaniyah.

As-Sulaimaniyah sendiri merupakan pondok pesantren yang melakukan kerjasama dengan Kementrian Agama RI untuk mencetak generasi penghafal al-Quran. Hal tersebut dilakukan lantaran anak Indonesia ternyata memiliki keunggulan khususnya lebih cepat menghafal al- Quran dibandingkan negara lain. Pondok tersebut sebenarnya berada di Turki, dan memiliki cabang di sejumlah negara seperti Amerika, Korea, serta sejumlah negara lain khususnya di Asia.

Nantinya selama berada di pesantren tersebut, para siswa mendapat bekal untuk menyebarkan apa yang telah dipelajari.“Jadi nantinya kalian tidak hanya menjadi hafidz, tetapi juga menjadi dai. Bahkan, ada yang bekerja di Assulaimaniyah Turki,” kata Ustadz Agung yang hadir bersama Ustadz  Alper Eren selaku perwakilan dari pesantren tersebut di Indonesia.

Diharapkan dengan sosialisasi tersebut para siswa dan siswi MAU WH lebih termotivasi untuk menghafal al-Quran. (D Farah A)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip