SEKILAS INFO
12-04-2021
  • 4 minggu yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 minggu yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
  • 4 minggu yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPPNU,  Selasa – Kamis 16-18 Maret 2021
26
Nov 2019
0
Tekad ‘Izza Jadi Juara Pertama Pidato Bahasa Arab

Untuk kali kesekian, Madrasah Aliyah Unggulan KH Abd Wahab Hasbullah atau MAUWH berhasil menorehkan prestasi. Ini adalah prestasi kali kelima tepatnya dalam menjuarai khitabah yang diraih oleh ‘Izza Ziyana Maula Shofy.

Dirinya berhasil menduduki posisi kedua dalam ajang Porseni tingkat Kabupaten Jombang 5 September lalu.

‘Izza Ziyana Maula Shofy yang akrab disapa ‘Izza ini punya cerita kesuksesannya sendiri.  Dari yang awalnya gagal sampai akhirnya ia bias menjuarai ajang khitabah tingkat nasional.

Sebenarnya anak Tulungagung ini belum terlihat bakatnya saat TK dan MTs. Dia juga belum pernah mengikuti lomba khitabah sebelumnya.Tetapi, saatia melanjutkan jenjang pendidikan sekolah menengah atasnya di MAUWH, dirinya menunjukkan kebolehannya dalam berpidato bahasa Arab.

Awalnya tidak diadakan seleksi, saat pelajaran, guru melihat anak yang dianggap lebih unggul dalam pelajaran bahasa Arab dibanding teman yang lain. Akhirnya ada 4 orang yang ditunjuk untuk menjalani pelatihan pidato bahasa Arab, salah satunya ‘Izza. Keempat anak itu diikutkan lomba, dan jika menjadi juara akan dilatih secara khusus.

Dari keempat anak yang ditunjukuntuk ikut lomba, 3 di antaranya ternyata punya kesibukan masing-masing. Yang pada akhirnya mundur dari latihan dan hanya menyisakan ‘Izza.

‘Izza Ziyana Maula Shofy

Dalam lomba pertama yang ia ikuti bersama 4 temannya tadi, ‘Izza mengalami kekalahan. Tetapi itu menjadi pengalaman yang berharga bagi ‘Izza. Saat itu, ia menangis, karena ia benar-benar kali pertama tampil khitabah di depan juri dan audiens.

Tetapi, setelah berjalannyawaktu, ia berhasil menaklukkan mental takutnya, dan sukses menjuarai beberapa lomba khitabah, dua kali juara di tingkat kabupaten, dua kali juara tingkat provinsi, dan juara tingkat nasional pun pernah dirasakannya.

Sekarang, anak yang lahir pada 15 Juni 2001 ini bias dibilang mahir dalam berpidato bahasa arab. MAUWH benar-benar berhasil menghidupkan bakat yang terpendam dari diri ‘Izza.

Anak pertama dari 3 bersaudara ini menceritakan cerita menariknya saat akan mengikuti lomba Poseni, “Sebulan sebelum lomba itu saya dikasih tahu, tapi teks pidatonya ganti, nggak sama sama lomba yang sayaikuti sebelum ini. H-2 minggu sempet nggak kepegang, soalnya saya juga sudah kelas akhir jadi sibuk pendalaman, paper dll. Sampai-samapai H-1 minggu itu belum hafal teksnya.”

Banyak kesulitan dan kendala yang ia hadapi sebelum lomba. “H-1 minggu belum hafal teks itu, saya cerita ke Bu Binti, saya belum hafal teksnya bu, gimana? Bu Binti member semangat kalau saya pasti bisa, pasti hafal.” Ujar perempuan alumni SDIT Al-Asror Tulungagung danMTsN Tambakberas ini.

Setelah mendapat suntikan semangat, perempuan yang pernah menjadi bendahara umum OSIS dan sekretaris Muwadda’ah saat MTs ini terus mengejar hafalan pidatonya.

“H-5 sebelum lomba itu saya baru latihan, dan itu dalam keadaan belum hafal teks sama sekali. Sampai-sampai ke mana-mana itu saya bawa teks. Ngaji, shalat, diniyyah itu saya bawa teks. Pokoknya gimana caranya saya hafal teksnya dalam sisa waktu 5 hari ini, daripada malu-maluin nantinya.Terus akhirnya, H-1 saya sudah hafal.”

Akhirnya, tiba saatnya ia menunjukkan hasil latihannya yang bias dibilang sangat singkat. Perasaan ‘Izza saat itu pastinya deg-degan, karena pesertanya dari MAN/MA se-Jombang.

Tetapi itu semua berhasil dilewatinya dengan lancar, karena selain sudah memiliki banyak pengalaman lomba khitobah, itujuga karena doa dari kedua orang tuanya, Lamroni Ali dan Unli Bariroh. Sebab, ‘Izza memang selalu meminta doa kepada orang tuanya saat akan ada event. Ia juga bercerita bahwa ibunya tidak pernah menarget dirinya harus menang, yang terpenting ia mau jika diikutkan lomba-lomba seperti ini.

Sebenarnya ia tidak mengetahui hasil pengumuman lombanya, ia mengetahuinya dari orang lain. “Saya kaget dapet info dari putrinya Bu Nyai pondok saya kalau saya dapet juara 2, sempet nggak percaya, tapi pas di sekolah guru-guru member selamat pada saya, saatitu saya baru percaya.” Ujar anak yang pernah menjadi anggota IPPNU bidang minat dan bakat ini.

Dari prestasi yang pernah ditorehkannya, ia masih tak percaya akan kemenangannya sebagai juara kedua dalam ajang 2 tahunan ini. Tak bias dipungkiri, semua prestasi yang ditorehkannya ini berasal dari tangan dingin seorang guru yang berhasil menyulap ‘Izza yang tadinya belum pernah mengikuti lomba apapun, hingga menjadi seorang juara.

Keinginan dan harapan ‘Izza yang belum terwujud adalah menjadi juara 1.Sampai-sampai salah satu gurunya yaitu Ustadz Abdul Haris memiliki pernyataan menarik mengenai itu.  “Saya nggak akan member selamat sebelum kamu dapat juara 1.” Menurut perempuan yang saat ini menjadi ketua Utsmany Center ini, pernyataan tersebut menjadi semangat tersendiri baginya untuk mewujudkan harapan itu. (Kurnia Afidati Mar’ah)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip