SEKILAS INFO
23-10-2021
  • 2 bulan yang lalu / Nama – Nama Lulusan yang Diterima Di Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, dan Dunia Kerja Tahun 2021 : AHMAD ARYA R.(UIN Surabaya), MUH. ANGGI H. N. (UIN Sunan Kalijaga), MOCH. RHEZALDI N.Z.N. (ITAT Surabaya), MOH. FALAQ KHOMEINI (PENS Surabaya),RISWANDA SHOFANSA (POLINEMA Malang),MUH. KHOILUL ROHMAN (Politeknik Negeri Jember), Mochammad Rizky Santosa(Kepolisian RI “Bintara Polri”)
  • 2 bulan yang lalu / MOH. ARI NURHUDA A. (ITAT Surabaya), ADAWIYAH QONITA (STIKES Bahrul Ulum Jombang),AMIDDANA R.D.(Poltekkes Kemenkes Surabaya), AYUNDA DIANATUL I.(UIN Malang), DEWI INTAN A.(UNAIR Surabaya)
  • 2 bulan yang lalu / DIVA GAYATRI(Poltekkes Negeri Malang), DYAH AYU R.(UIN Walisongo Semarang), KHALIMATUS S.(IAIN Kediri), LUBABA UFA (UIN Malang), MUHAYYINATUL F.(IAIN Kediri)
  • 2 bulan yang lalu / NAJWA SYARIFAH S. (Poltekkes Negeri Surabaya), NETYA SYAFA P.B.(UNAIR Surabaya), TSABITAH NURIL A.(UINSA Surabaya), ULQY KHOIRUN N.A.(UTM Madura), YUNITA NUR(UPN Veteran Negeri Surabaya)
  • 2 bulan yang lalu / ZUHRIYAH A.H.(UINSA Surabaya), ADIKA R.(UIN Malang), AHMADIKA M.S.(UIN Yogyakarta), MOH. KHUSNUL L.A.(UIN Yogyakarta), MOH. WAFIUL A.(UNSWAGATI Cirebon)
  • 2 bulan yang lalu / MUH. ROMAHURMUZI F.(UIN SATU Tulungagung), MUH. MUWAFIQ K.(UIN SATU Tulungagung), ARGA Y.N.(UINSA Surabaya), AMALIA W.A.(UINSA Surabaya), DIAN RIFQI F.(UIN Malang)
  • 2 bulan yang lalu / DIVA A.P.(UNAIR Surabaya), NENY KHOIRUN N.(UIN Malang), NURUL RIZQI T.(Poltek Negeri Malang), SALSABIL F.H.(UM Malang), SALSABILA F.(UBHARA Surabaya)
  • 2 bulan yang lalu / SHOFI NUR A.(UIN Yogyakarta), SITI NUR R.(ISI Surakarta), WIHDATUL H.(UNESA Surabaya), HILYATUL A.M.(UIN SATU Tulungagung), ACH. AZIZY M.(UII Yogyakarta)
  • 2 bulan yang lalu / AKH. DWI RISMANTO(Al Azhar Kairo (Mesir), A. FUAD HABIB(UIN Yogyakarta), A. MUWAFIQ NADHIF(Cham International Islamic Center Timur Tengah), A. SULAIMAN(UIN Suska Riau), DIMAS RIYANTO(IAIN Kediri)
  • 2 bulan yang lalu / FATKHUR ROKHMAN(IAIN Syekh Nurjati Cirebon), M. FADILAH ASYHARI(UIN Yogyakarta), M. SYAHROFI ADLUL K.( UIN Suska Riau), MOHAMAD FAUZAN(UINSA Surabaya), MUH. IMAM AKBAR(UIN Malang)
  • 2 bulan yang lalu / MUH. VANSA DIMAS P.(UMSIDA Sidoarjo), MUH. ZAHIDIN MA’ARIF(IAIN Kediri), A. AQIL MUSADDAD(Al Azhar Kairo Mesir), A. BEGHTAS DHIYA’UL H.( Universuitas Bildad Al Syam Timur Tengah), MOCH. SYAMSUDDIN YUSUF A.(UIN SATU Tulungagung)
  • 2 bulan yang lalu / MUH. EKKY FAKHRUNNAJAH(UNWAHA Jombang), FIFI NUR A.(UTM Madura), FIRDA ZAJILAH R.(UNWAHA Jombang), ISNA NAZIDA A.(IAIN Kediri), MAULIDA EVA M.(UNWAHA Jombang)
  • 2 bulan yang lalu / NAFA CHISBIYAH(UNHASY Jombang), NAJWA KAMILAH(UIN Jakarta), SHINTA RATU PUTRI U.P.(UINSA Surabaya), SHAFA’ AFIFAH K.(UIN Bandung), AISAH CHUSNUL K.( KURSUS), AFWAJ RIZIQ(Mondok), MUH. HUSNUN NI’AM(Kerja), MUH. ALI AFLAH KHOLILURROHMAN(Kerja)
  • 2 bulan yang lalu / Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Bahrul Ulum Mengucapkan Selamat Tahun Baru 1443 H
3
Mei 2017
0
Tiga Hikmah Isra’ Mi’raj yang Harus Jadi Pedoman

Jombang – Kegiatan memperingati hari besar keagamaan jangan semata berhenti pada upacara ataupun seremonial.  Yang terpenting adalah mengambil hikmah dari kejadian, termasuk Isra’ Mi’raj yang diperingati setiap tahun.

Setidaknya ada tiga hal yang dapat dipetik dari peringatan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa hingga Sidratul Muntaha tersebut. Yakni pemantapan akidah, menjaga syariah serta menyempurnakan akhlakul karimah.

Intisari ini disampaikan H Khoirul Anam, M.HI pada acara Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Sarasehan Menguatkan Aqidah Ahlussunnah Waljamaah dalam Bingkai Ukhuwah Islamiyah. Kegiatan diselenggarakan Pimpinan Komisariat IPNU dan IPPNU Madrasah Aliyah Unggulan KH Abd Wahab Hasbulloh  (MAU WH), Tambakberas Jombang, Selasa (2/5).

“Isra’ Mi’raj mengajarkan kepada kita bahwa dalam agama, tidak seluruh perintah agama bisa dirasionalkan,” kata H. Khoiril Anam di aula MAU WH. Justru dengan peristiwa tersebut memberikan penegasan kalau aspek keimanan menjadi tolak ukur bagi keislaman seseorang dalam menjalankan perintah agama, lanjutnya.

Yang juga tidak kalah penting dari Isra’ Miraj adalah adanya perintah langsung bagi kewajiban shalat. “Ini juga memberikan pelajaran bahwa aspek syariah menjadi hal penting untuk memastikan kadar keislaman seseorang,” kata dosen di Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah atau Unwaha tersebut.

Hikmah diberikannya kesempatan Nabi Muhammad SAW untuk naik hingga Sidratul Muntaha (Mi’raj) adalah dapat mengetahui kondisi umatnya kelak yang tidak menjaga akhlakul karimah dengan sesama.

Sekedar contoh, Nabi saat Mi’raj dipertontonkan dengan kondisi seseorang yang kukunya terbuat dari tembaga. “Ternyata yang bersangkutan mencakar sendiri mukanya hingga rusak, dan begitu seterusnya,” ungkapnya.

Dalam pandangan Ustadz Khoiril Anam, ini menandakan bahwa tidak sedikit yang gemar mencari kesalahan orang lain. “Karenanya, dengan Isra’ Mi’raj kita diingatkan agar selalu menjaga perilaku atau akhlak kita dalam bergaul dengan sesama,” jelasnya.

Karenanya, ia sependapat dengan moto MAU WH yang tidak semata ingin mencetak generasi pintar, juga benar. “Harus juga diupayakan membangun akhlakul karimah, tidak semata berburu pintar,” pungkasnya. (s@if)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip