SEKILAS INFO
31-07-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
27
Jan 2020
0
Tilawati Mewarnai Lantunan Qur’an Siswa Kelas Akhir MAUWH

Mendung di pagi hari membersamai langkah kelas XII Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh (MAUWH) Bahrul Ulum Tambakberas menuju madrasah tercinta. Hari itu, Rabu (22/1) merupakan pertemuan kedua di aula madrasah khusus kelas XII dengan agenda ‘Diklat Calon Guru TPQ’.

MAUWH dan Pengurus Pondok Pesantren Al-Lathifiyyah 2 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang bekerja sama untuk membekali siswa siswi kelas akhir jenjang Madrasah Aliyah yang akan lulus melalui kegiatan diklat.

Kegiatan diselenggarakan selama dua hari pada Rabu hingga Kamis (22-23/1) bertempatkan di aula MAUWH. Acara digelar dari pukul 07.00-16.00 WIB. Peserta diklat berjumlahkan 116 siswa dari semua kelas XII baik IIA, IIS, dan MIPA.

Pemateri diklat berasal dari Lembaga Tilawati Jombang, yakni Ustadz M. Nafi’ul Huda dan M. Munawwir. Metode yang diajarkan yaitu menggunakan tilawati jilid 1 hingga 6. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan. Nampak pada wajah riang dan semangat dalam belajar tilawati serta menyanyikan alunan lagu-lagu penyebar semangat.

Ustadz M. Nafiul Huda dalam penyampaian materi berpedoman pada metode pembelajaran Al Qur’an Tilawati.

“Banyak sekali metode pembelajaran Al Qur’an yang diterapkan di Indonesia dan salah satunya adalah tilawati,” katanya.

Prinsip inti dari metode tilawati adalah menggunakan nada ketika membaca Al Qur’an yang dikenal dengan nama lagu Rost. Penggunaan lagu Rost tersebut bertujuan untuk memperindah dalam melatunkan ayat Al Qur’an.

Kegiatan diklat calon guru TPQ  ini dilakukan setiap satu tahun sekali oleh siswa kelas akhir. Sedangkan tujuan diadakannya kegiatan adalah membekali para siswa untuk mendapatkan wawasan dalam mengajarkan cara belajar tilawati dengan mudah dan menyenangkan.

“Sehingga siswa ketika telah lulus nantinya dapat memberikan ilmu yang bermanfaat kepada masyarakat serta dapat terampil menjadi guru TPQ,” katanya.

Ishoma berlangsung sekitar satu jam yang dilanjutkan dengan materi selanjutnya oleh Ustadz A. Munawwir. Ia mengajak kelas XII untuk aktif dalam belajar tilawati dengan cara bermain yang cukup mengasyikkan.

‘’Sebelumnya belum pernah mengikuti pelatihan seperti ini, tapi di pondok diajari dengan metode  sorogan yang mana santri diajarkan penguasaan cara pembacaan dan terjemahan secara tepat,” kata Yulia Syafa’ah.

Pengalaman mengikuti tilawati ini mendapatkan wawasan baru dalam mengaji nadanya lebih teratur dan lebih enak didengarkan juga kemudian mendapatkan cara-cara menyiasati dalam membaca dengan nada-nada yang panjang.

“Pengalaman pertama kali jadi seneng dan juga buat pengalaman sekaligus latihan agar ketika lulus dari pondok nanti ilmunya dapat diterapkan untuk mengajar TPQ karena sudah dibekali dengan metodenya,” kata siswa XII MIPA 2 MAUWH tersebut. Dalam pandangannya, kegiatan ini tidak membosankan karena diselingi dengan bernyanyi sehingga tidak monoton. (FN/ZG)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip