SEKILAS INFO
16-04-2021
  • 1 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 1 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
  • 1 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPPNU,  Selasa – Kamis 16-18 Maret 2021
31
Jan 2020
0
Tingkatkan Budaya Literasi, MAUWH Adakan Ujian Proposal Paper

Salah satu program unggulan dari MAUWH adalah penulisan paper berbahasa Arab dan Inggris untuk kelas XI. Kegiatan penulisan ini dimulai pada semester satu dan akan diujikan pada semester dua. Program ini bertujuan melatih kemampuan peserta didik di bidang literasi khususnya dalam menulis karya tulis ilmiah, disamping itu juga menerapkan kemampuan bahasa asing, karena paper harus ditulis dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris.

Kamis, 30/01 kemarim, MA UNGGULAN K.H. ABD. WAHAB HASBULLOH melaksanakan ujian proposal paper untuk peserta didik kelas XI baik peminatan IIA, IIS atau MIPA. Ujian proposal ini diadakan untuk mengetahui kesiapan peserta didik dalam melakukan sebuah penelitian. Setidak nya ada tiga hal yang akan diuji dalam ujian proposal yaitu,

Pertama, kesesuaian antara judul/tema dengan rumusan masalah yang diangkat. Hal ini penting untuk  diketahui karena menentukan masalah penelitian bukanlah hal yang mudah, untuk itu perlu digali lebih dalam apakah masalah uang diangkat oleh peserta didik sudah relevan dan layak untuk diteliti.

Kedua, kesiapan data dan referensi. Dalam ujian ini peserta didik juga akan ditanya tentang kesiapan data dan referensi yang mereka butuhkan dalam menulis paper. Dari Waka kurikulum mewajibkan peserta didik menggunakan referensi buku, kitab atau artikel ilmiah yang sudah dimuat di dalam berbagai jurnal ilmiah. Peserta didik dilarang menggunakan data dari internet yang hanya bersumber pada blog. Hal ini dilakukan untuk membentuk karakter ilmiah dan tanggung jawab ilmiah pada peserta didik.

Ketiga, metode penelitian, dalam hal ini penguji juga menelaah tentang pemahaman peserta didik tentang metode penelitian yang mereka gunakan untuk menulis paper, agar sesuai antara jenis penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data dan metode analisisnya.

Dari ujian ketiga komponen tersebut diharap peserta didik benar-benar siap dalam melakukan penelitian sehingga bisa menghasilkan karya tulis ilmiah yang baik dan berkualitas. (Zuhair Aqif )

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip