SEKILAS INFO
31-07-2021
  • 1 bulan yang lalu / PAT 2020-2021 SELASA 8 Juni 2021 – SABTU 19 Juni 2021
  • 4 bulan yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 bulan yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
24
Feb 2018
1
Tingkatkan Wawasan Peserta Didik dengan Studi Laboratorium dan Kampus

Jombang- Ratusan peserta didik dari Madrasah Aliyah Unggulan KH Abdul Wahab Hasbulloh atau MAUWH Tambakberas Jombang mengikuti studi laboratorium dan kampus di Surabaya, Kamis (22/2). Mereka didampingi puluhan guru pembimbing dari madrasah tersebut.

 

“Kegiatan diikuti peserta didik kelas X dan XI, baik peminatan ilmu-ilmu agama atau IIA, IIS atau ilmu-ilmu sosial, maupun matematika dan ilmu pengetahuan alam atau MIPA,” kata Ustadz Mustaufikin, Jumat (23/2). Jumlah keseluruhan peserta adalah 244 peserta didik dan didampingi 25 guru pembimbing.

 

Untuk peminatan IIA, studi laboratorium dilaksanakan di Museum NU dan Planetarium Armatim. “Sedangkan peminatan IIS dan MIPA masing-masing di laboratorium ekonomi dan laboratorium biologi di Universitas Negeri Surabaya atau Unesa,” kata alumni pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut.

 

Kegiatan dilaksanakan agar siswa dan siswi tidak hanya mendapat pembelajaran teori di kelas tetapi juga bisa mempraktikkan teori-teori tersebut di lapangan. “Sekaligus menambah dan memperluas pengetahuan tentang materi yang dipraktikkan,” tandas  staf Unit Pengendali Mutu Madrasah (UPM) di MAUWH tersebut.

 

Sedangkan peserta didik peminatan IIA, mendapatkan wawasan tentang perjuangan para ulama dalam memperjuangkan kemerdekaan dan pemahaman Islam moderat. “Seperti yang dicontohkan para pendiri Nahdlatul Ulama,” terangnya.

 

Sedangkan untuk peminatan IIS dibekali ilmu tentang pemasaran di laboratorium ekonomi. Dan untuk peserta didik MIPA mengadakan praktik tentang kultur jaringan di laboratorium biologi, lanjutnya.

 

Studi kampus diadakan di dua universitas negeri di Surabaya, yakni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya atau Uinsa dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya atau ITS.

 

“Setelah melaksanakan studi laboratorium, peserta didik ditambah wawasan sejarahnya dengan berkunjung ke Museum Tugu Pahlawan Surabaya,” kata alumnus Pesantren Tremas Pacitan ini.

 

“Kami berharap kegiatan yang diselenggarakan mampu memberikan dampak positif bagi peserta didik agar terus termotivasi untuk belajar dan mengembangkan keilmuan,” kata Kepala MAUWH, Ustadz Faizun. (S@if)

Retno Anbarini, Jumat, 27 Jul 2018

Excelent. Masyaallah sangat bagus skali.
Apakah smua siswa berhak atas fasilitasnya?

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip