SEKILAS INFO
19-08-2022
  • 1 minggu yang lalu / Nama – Nama Lulusan yang Diterima Di Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2022 : MUHAMMAD MALIK AL- HUSNA(UIN Yogyakarta), SILFAIZATIL ASLIHAH(UINSA Surabaya), NUR AWWALIYA FAUZIAH(Universitas Negeri Malang), ZAZILATUL KHITMIA(Universitas Negeri Malang), SHAFIRA SALSA ADINDA(Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya), ZUYYINA QOTHRUN NADA(UIN Yogyakarta), MUHAMMAD SYAVIQE HASAN(UNESA Surabaya)
  • 1 minggu yang lalu / SHEILA DEWI LATHIFAH(UIN Tulungagung), DWI RACHMA AULIA(UIN Yogyakarta), TRIA NURJANAH(IAIN Kediri), AULIA FITHRATUZ ZAHRAH(UIN Surakarta), NAUFAL ARIG DZAKI RENDRA HARIYANTO(Politeknik Negeri Batam), LHSE ZIHNI NAUFAL ZUHRI(Telkom University Bandung), FIFI MAZIYYATUS SHOFI(Universitas Negeri Malang), NIRMALA ROSSALINA SUJONO(Universitas Negeri Jember), GALUH DWI WULANDARI(UINSA Surabaya)
  • 1 minggu yang lalu / DEWI MAHMUDAH(IAIN Kudus), KURNIA AFIDATI MAR’AH(UINSA Surabaya), SHINTA NURIYAH HADIANA(UINSA Surabaya), ADITHYA WICAKSONO(UIN Surakarta), FAUZI SETIONO(UIN Malang), NOVI NUR MUKHAROMAH(IAIN Kediri), WILDA NUSSOFIA(UIN Semarang), MALIKATUL AULIA BALQIS(UIN Jember), ISYATUL ULA SALSABILA(UINSA Surabaya)
  • 1 bulan yang lalu / AHMAD NAVIES CH. HABIB(IAIN Kediri),  IRRANDY ANDHANA  N.( UINSA Surabaya),  NABIELAH MAJDAH A.(UNESA), NUR SAFIQOH A.(UNESA), HARITSAH NI’MATUL K.(UNESA), ALYA RAHMA D.(UNAIR), KHOIRUN NISA'(Politeknik Negeri Batam), TRIANA WATI(Univ. Trunojoyo), DELIMA DAWAUL Q.(UIN Malang), PUTRI MAIA S.(UIN Malang), SINTIA NURUL K.(UIN Malang), NI’I GUSTI N.(Politeknik Negeri Malang)
  • 1 bulan yang lalu / MOH. HUSSEIN N.C.(IAIN Kediri), NIZAMUDIN AULIA(IAIN Ponorogo), ANDUNG A.(IAIN Ponorogo), AAKHIDZATIS S.(UIN Jember), ANISSA FATIH(UIN Malang), HASNA NAJMATUL M.(IAIN Ponorogo), NABILA R.J.(IAIN Tulungagung), NAILA BAITA F.H.(IAIN Tulungagung), UMULAILATUL H.(IAIN Ponorogo), MUH. RAFFY A.R.(UIN Malang), DEFAN AULI R.(UIN Malang), AKHAM RIZAL N.(UIN Banten)
Tita, Juara Satu Olimpiade Bahasa Arab Jawa Timur

“Belajar yang rajin, tawakkal kepada Allah, minta restu orang tua, dan takdim kepada guru.” Itulah pesan salah seorang siswa Madrasah Aliyah Unggulan KH Abd Wahab Hasbulloh (MAUWH) Tambakberas yang telah membawa pulang kejuaraan olimpiade Bahasa Arab tingkat Propinsi Jawa Timur.

Tita Syafa’atul Khoir

Nama lengkapnya adalah Tita Syafa’atul Khoir. Saat media ini meminta waktu untuk berbagi pengalaman, Tita, sapaan akrabnya tengah bermunajat di makam KH Abdul Wahab Chasbullah yang berada tidak jauh dari ribath atau asramanya di As-Salma.

Dengan ramah, perempuan kelahiran Jombang, 09 Oktober 2001 ini bercerita bahwa lokasi lomba olimpiade Bahasa Arab tingkat Jatim tersebut diselenggarakan di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Tita mengikuti kompetisi ini sebenarnya tidak memiiki target apa-apa apalagi menjadi juara. Karena memang terbiasa ikut lomba, namun pulang dengan tangan hampa. Bahkan kala itu dirinya hampir kehilangan kesempatan emas tersebut karena keterlambatan datang menuju stasiun.

Betapa tidak, saat dijemput di asrama oleh Ibu Imroatus Solihah (Ibu Atus) kala itu dirinya baru siap-siap. Baju yang akan dikenakan juga baru disetrika. Dan hal tersebut membuat kedatangannya ke stasiun terlambat dari jam yang sudah ditentukan.

“Mungkin masinis tahu bahwa seorang juara olimpiade Bahasa Arab belum menaiki keretanya,” ungkapnya berkelakar.

Memang benar, Bu Atus dan Tita terlambat sampai di stasiun. Selama dalam perjalanan, dirinya sedikit mendapat omelan dari guru yang mendampingi untuk lomba tersebut.

Namun ternyata keberuntungan masih berpihak kepadanya lantaran keberangkatan kereta diundur selama 15 menit. Akhirnya keduanya bisa tiba di Surabaya sesuai jadwal.

Saat tiba di lokasi lomba, dirinya bersama peserta yang lain melewati beberapa tahap dengan setelah mengerjakan soal demi soal. Tepat pukul 12.00 WIB Tita telah selesai mengerjakan, dilanjutkan mengikuti seminar bersama peserta dari perwakilan kabupaten dan kota se-Jatim.

 Setelah  kurang lebih 30 menit mengikuti seminar sambil menunggu hasil pengumuman, Tita bersama Bu Atus menuju tempat diumumkannya hasil olimpiadae Bahasa Arab yang telah diikuti. Rasa khawatir, senang, sedih tidak dirasakannya sama sekali.

“Takut kecewa jika berharap lebih, karena sudah biasa kalah,” akunya.

Memang benar, bukan kali ini saja Tita mengikuti lomba. Sejumlah kompetisi telah diikuti dari berbagai tingkatan. Namun hasilnya memang jauh dari harapan. Bahkan gagal menjadi juara.

Setelah melihat hasil olimpiade, tertera bahwa nilai tertnggi adalah Tita, namun di pengumuman yang lain, bukan nama Tita yang tertera. Yang justru muncul adalah nomor orang lain yang sebagai pemenang olimpiade Bahara Arab tersebut.

Kala itu memang terjadi simpang siur. Dan seperti pengalaman sebelumnya, Tita tidak terlampau peduli dengan sengkarut yang terjadi. Akhirnya bersama Ibu Atus pulang tanpa mempedulikan kesimpang siuran hasil perlombaan

Dengan menaiki taksi online, Tita diantar Bu Atus pulang ke Jombang. Dan ternyata tidak disangka di tengah jalan,Tita mendapat pesan Whats’App bahwa dirinya mendapatkan juara pertama olimpiade Bahasa Arab.

Antara percaya dan tidak, dirinya mencoba mempercayai hasil dari pengumuman itu dan tentu saja sangat bersyukur.

“Saat di atas taksi online sang sopir turut mendengar kabar baik tersebut bahkan memberikan tumpangan gratis,” kenangnya.

Namun karena berita kemenangan terlambat, tropy  kejuaraan Tita sudah dibawa pulang oleh peserta yang tadinya diumumkan sebagai pemenang. Rasa lega karena kesimpang siuran pemenang lomba sekarang sudah jelas, walaupun tropy kejuaraan menyusul. Ya, siswi MAUWH yang diwakili oleh Tita menjadi juara pertama olimpiade Bahasa Arab tingkat propinsi. (Ushfiyahurrusuli/X IIA)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip