SEKILAS INFO
13-04-2021
  • 4 minggu yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 minggu yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
  • 4 minggu yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPPNU,  Selasa – Kamis 16-18 Maret 2021
15
Sep 2020
0
Ujian Paper Virtual, Mengapa Tidak?

Pelaksanaan Ujian Paper Gelombang I Madrasah Aliyah Unggulan KH. Abd. Wahab Hasbulloh (MAUWH) Bahrul Ulum Tambakberas berlangsung pada Senin (14/09) pagi. Ujian paper ini diikuti oleh 59 peserta didik MAUWH kelas XII dari 3 jurusan peminatan, baik IIA (Ilmu-Ilmu Agama), MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), dan IIS (Ilmu-Ilmu Sosial).

 Meski ujian paper diikuti oleh peserta didik kelas XII tiap tahunnya, tahun ajaran 2020/2021 kali ini cukup berbeda. Ujian paper dilaksanakan secara virtual. Bagaimana tidak?

MAUWH tetap mematuhi kebijakan pemerintah dimana masih belum memberlakukan tatap muka untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di dalam kelas. Media virtualnya pun beragam, ada yang menggunakan WhatsApp Call/Video, Zoom, hingga Google Meet. Penggunaan media tersebut menyesuaikan penguji masing-masing.

MAUWH tetap mempertahankan program paper bagi kelas XII di tiap tahunnya. Tujuannya adalah untuk melatih kemampuan peserta didik dalam menulis karya tulis ilmiah, sebagai persiapan masuk ke perguruan tinggi. Selain itu untuk menguji kemampuan bahasa masing-masing peserta didik karena paper ditulis dalam bahasa asing, yakni Bahasa Arab ataupun Bahasa Inggris.

Penguji yang terlibat dalam ujian paper ini sejumlah 18 guru MAUWH yang ahli dibidang keilmuan dan bahasa. Masing – masing peserta ujian paper diuji oleh penguji materi dan penguji bahasa. Penilain yang dilakukan beragam mulai dari sistematika penulisan, metode hingga bahasa.

Dengan demikian, peserta didik diharapkan mampu menerapkan keilmuan peminatan masing-masing sesuai dengan permasalahan yang dikaji. Karena sejatinya sebuah keilmuan akan terasa manfaatnya ketika dipraktekkan dalam kehidupan bermasyarakat. (FN/WNR)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip