SEKILAS INFO
13-04-2021
  • 4 minggu yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPNU, Selasa-Kamis 23-25 Maret 2021
  • 4 minggu yang lalu / Pelantikan Pengurus OSIS Putri, Sabtu 20 Maret 2021
  • 4 minggu yang lalu / MAKESTA dan Pelantikan Pengurus IPPNU,  Selasa – Kamis 16-18 Maret 2021
27
Agu 2019
0
Upacara Kemerdekaan Meneladani Kiprah Ulama Jombang

Pada hari kemerdekaan ke-74 tahun Indonesia, Sabtu(17/8), Madrasah Aliyah Unggulan KH Abd Wahab Hasbulloh (MAUWH) Tambakberas Jombang turut serta menyemarakkannya.
Dalam mengisi kemerdekaan tersebut tidak hanya diselenggarakan upacara bendera. Juga diikuti dengan ziarah ke pesarean kiai sekaligus pahlawan nasional di Tambakberas yaitu KH Abdul Wahab Chasbullah (Mbah Wahab).
“Mbah Wahab sebenarnya banyak sekali peranannya, di antaranya pembentukan tentara Hizbullah yang sebagian besar dari kalangan kiai yang dikomandani oleh beliau. Selain itu Mbah Wahab juga sangat pandai mengatur strategi melawan Belanda,” kata Achmad Muzakki, SPdI.
Kiprah Mbah Wahab di Indonesia cukup fundamental, “Dulu, pejabat penting negara bahkan Ir. Soekarno, presiden pertama Indonesia tidak berani mengambil keputusan sendiri sebelum berkonsultasi dan meminta pertimbangan kepada Mbah Wahab,” jelas Ustad Zakki, sapaan akrabnya.
Hal ini menunjukkan bahwa sosok Kiai Wahab benar-benar dipercaya mampu mengambil keputusan secara bijak di tengah konflik sekalipun. Terlebih lagi beliau juga salah satu tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yang kini menjadi organisasi terbesar di dunia.
Suasana peringatan kemerdekaan semakin istimewa karena pada pagi ini ketika murid MAUWH melantunkan Shalawat Burdah yang paling digemari Mbah Wahab, ada rombongan Bupati Kabupaten Jombang.
Menurut Ustadz Zaki, kehadiran bupati dan wakil yakni Hj Mundjidah Wahab dan Sumrambah bisa memberikan uswah atau teladan.
“Kehadiran keduanya memberi uswah kepada para santri untuk jas merah atau jangan sekali-kali melupakan sejarah perjuangan ulama yang harus diteladani agar pulang bisa menjadi pejuang, bukan secara fisik tapi pejuang keagamaan dan sosial,” kata ustad berkelahiran Lamongan ini.
Secara khusus, Ustadz Zaki memikirkan makna lagu Ya Ahlal Wathan .
“Bahwa lagu Ya Ahlal Wathan yang diciptakan Kiai Wahab mengandung makna hubbul wathan minal iman yakni cinta tanah air sebagian dari iman,” tutur Ustad Zakki.
Dalam pandangannya, pelafalan lagu ini memang sengaja dikarang berbahasa Arab oleh Kiai Wahab untuk mengelabuhi Belanda. Padahal isi dari lagu ini mampu mengobarkan semangat juang merebut kemerdekaan Indonesia baik dari kalangan santri maupun masyarakat.
“Alhamdulillah, upacara di sini cukup khidmat, mampu menginspirasi para murid untuk mensyukuri makna kemerdekaan kepada pahlawan, kiai, dan ulama,” pungkas staff Wakil Kepala Kurikulum bidang Keagamaan MAUWH ini. (Salsabilla Aurora)

Data Sekolah

MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh
PP. Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

NPSN : 20579998

Jl. K.H. Abd. Wahab Hasbulloh Gg. Pondok, Tambakberas, Tambakrejo, Jombang
KEC. Jombang
KAB. Jombang
PROV. Jawa Timur
KODE POS 61451

Statistik Website

Arsip